SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Percantik Dompak, Pemprov Kepri Kucurkan Rp23,5 Miliar

Percantik Dompak, Pemprov Kepri Kucurkan Rp23,5 Miliar
Bundaran Dompak. Foto Joko Sulistyo.

PINANG – Pemprov Kepri menyiapkan anggaran Rp23,5 miliar untuk peningkatan jalan dan pembangunan bundaran di Pulau Dompak, Tanjungpinang. Proyek yang dibiayai APBD Kepri 2017 ini akan mulai dikerjakan Agustus nanti.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Provinsi Kepri Abu Bakar menyampaikan, anggaran Rp23,5 miliar itu akan dimanfaatkan untuk menata dan mempercantik Pulau Dompak. Tahap pertama, akan dilaksanakan pekerjaan pembangunan bundaran ikon Provinsi Kepri di simpang jembatan depan Ramayana.

Kemudian, dilanjutkan dengan pengerjaan perbaikan jalan, median jalan, trotoar, penanaman pohon penghijauan, mulai dari depan Ramayana sampai ke area perkantoran pemerintah di Pulau Dompak.

“Pak Gubernur sudah mengintruksikan kami agar kawasan Dompak berubah dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Perubahan ini yang sedang kami gesa pembangunannya,” ujar Abu di Tanjungpinang, Minggu (2/7).

Abu mengatakan, perusahaan yang akan mengerjakan proyek fisik tersebut sudah ada, karena telah dilakukan proses lelang. Selain di Dompak, Dinas PUPRP Kepri juga akan menggesa pelaksanaan proyek fisik di Kabupaten Bintan, di antaranya pembangunan jalan lingkar dan jalan industri di KM 28 Jalan Lintas Timur dengan panjang sekitra 2,5 kilometer.

Pembangunan lain adalah, jalan di Daik, Kabupaten Lingga sepanjang 2,5 kilometer, kemudian di Kabupaten Anambas mengarah ke Pasir Putih untuk Kantor Bupati Anambas dengan panjang jalan sekira 3,5 kilometer.

“Pembangunan jalan di daerah itu adalah jalan baru, kami buka lalu diaspal,” ujarnya.

Proyek di daerah lain adalah jalan di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun sekitar 800 meter dengan model dua lajur. Jalan ini juga akan disiapkan taman dan kawasan penghijauannya. Kemudian, pembangunan konektivitas jembatan dari Pulau Parit ke Pulau Lumut, dengan tahap awal pekerjaan pembuatan tiang pancang.

Rencananya tahun depan ditambah lagi akan dilanjutkan dari Pulau Parit ke Gunung Papan, dari Gunung Papan ke Pulau Belat, selanjutnya ke Tanjungberlian.

“Pembangunan di Karimun, dananya bagi dua, dari APBD Karimun dan APBD Kepri,” ujarnya.

Kemudian, proyek PUPRP Kepri lainnya adalah, penataan jalan mulai simpang Frangky hingga underpass Pelita, dan juga kawasan lainnya. Pemprov Kepri menggandeng Pemko Batam dalam pelaksaaan pembangunan ini. Tujuannya, untuk menaikkan daya tarik Batam di mata turis lokal maupun internasional.

“Total anggaran secara keseluruhan, termasuk pembangunan di daerah-daerah tersebut lebih kurang mencapai Rp170 miliar,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com