SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pulau Laut Perlu Kapal Besi

  • Reporter:
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 | 11:36
  • Dibaca : 164 kali
Pulau Laut Perlu Kapal Besi
ilustrasi

NATUNA – Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, memerlukan kapal berbahan besi. Pasalnya daerah ini sering dilanda gelombang, angin kencang dan sebagainya.

Warga Pulau Laut Bambang mengaku, kerap terjadi kecelakaan di laut karena kondisi perairan di sekitar. Menurutnya, hal itu bukan hanya medan tempuh yang berat menjadi satu-satunya penyebab. Namun faktor sarana tempuh yang tidak memadai juga terkategori sebagai penyebab utama terjadinya kecelakaan di laut.

“Faktor alam berada di luar kendali kita, apalagi kalau gelombang setinggi empat meter lebih, sementara kapalnya berupa pompong berukuran 2 sampai 5 GT, tak bakal kuat,” katanya Jumat (9/8).

Dengan begitu, ia mengaku tidak menyalahkan maupun menyesalkan kondisi alam yang berat ditempuh seperti ini karena itu ranahnya Yang Maha Kuasa. Bambang berharap sarana pelayaran khususnya di Pulau Laut dan seluruh pulau yang ada di Natuna dapat ditingkatkan sehingga tidak mudah goyah dan tenggelam dengan gelombang untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan di laut.

“Kami berharap ada kapal besi dengan bobot yang lebih memadai agar kuat menghadapi hantaman gelombang. Kalau ada kapal yang lebih andal berjadwal mungkin kecelakaan bisa dihindari,” harapnya.

Hal yang sama juga dibenarkan oleh Camat Pulau Laut Sudirman. Namun, ia mengapresiasi langkah pemerintah yang telah secara bertahap membangun Pulau Laut. Ia juga berharap agar kelancaran transportasi di Pulau Laut, khususnya transportasi laut bisa ditingkatkan sehingga kesejahteraan dapat melaju lebih pesat tanpa mengesampingkan keselamatan.

“Alhamdulillah, Pulau Laut sekarang sudah ada kemajuan. Di samping sarana di darat sudah mulai dilengkapi, sarana transportasi di laut juga begitu. Saat ini sudah beroperasi kapal Pelra yang diberikan pemerintah dan dikelola oleh kecamatan. Kapalnya cukup besar, 35 GT. Tapi ya itu tadi warga maunya ada kapal besi, dan memang itu yang diperlukan sebetulnya. Mudah-mudahan ke depan bisa dibantu oleh pemerintah,” ujarnya.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com