SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Umat Hindu Gelar Upacara Melasti

  • Reporter:
  • Selasa, 13 Maret 2018 | 14:21
  • Dibaca : 158 kali
Umat Hindu Gelar Upacara Melasti
Umat Hindu di Batam menggelar upacara Melasti (pengambilan air) menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940/2018 di Pura Agung Amertha Buana, Seiladi, Senin (12/3/2018).

SEKUPANG – Ratusan Umat Hindu di Batam menggelar upacara Melasti (pengambilan air) menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940/2018 di Pura Agung Amertha Buana, Seiladi, Senin (12/3/2018).

Melasti merupakan upacara penyucian diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu. Hal ini digelar guna menghilangkan kotoran alam dengan menggunakan air kehidupan. Pada umumnya ritual ini dilaksanakan di laut atau di sumber mata air dengan tujuan menyucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu.

Ketupel Melasti Jero Mangko Putu Satria Yasa mengatakan, acara Melasti tahun ini bertemakan ‘Melalui catur brata penyepian kita tingkatkan solidaritas sebagai perekat keberagamaan dalam menjaga keutuhan NKRI’. “Kami harus belajar untuk mengendalikan diri, pengendalian pikiran, ucapan dan tindakan yang tidak hanya sebatas slogan, tetapi dijadikan bagian dari kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam hal ini harus saling menjaga keharmonisan beragama dan bernegara. Selain itu, harus bisa bersama-sama menjaga hubungan baik sesama manusia maupun alam, serta menjaga keharmonisan manusia dengan pencipta.

“Kalau itu berhasil, kehidupan ini akan lebih tenang, tidak ada lagi pertikaian dan penebar kebencian sesama umat,” kata Jero.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com