SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Urus Fatwa Planalogi Perlu 1 Tahun

Urus Fatwa Planalogi Perlu 1 Tahun
Pekerja bangunan Hotel Aston. Foto Agung Dedi Lazuardi.

DPD REI Khusus Batam menyambut baik langkah Pemko Batam menyederhanakan persyaratan pengajuan IMB dengan menghapus Fatwa Planalogi. Dengan KRK dapat mempercepat pengurusan IMB.

“Kami apresiasi langkah Pemko Batam yang menunjukan iktikad baiknya untuk mencari terobosan untuk mempercepat proses perizinan. Kami juga berharap BP Batam melihat ini, agar melakukan terobosan untuk mempermudah izin,” tuturnya.

Namun di sisi lain, ternyata Fatwa Planologi ini masih dijadikan syarat oleh BP Batam dalam pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH) saat pengembang hendak menjual rumah yang mereka bangun. IPH hanya bisa diurus jika pengembang punya pecah PL. Sementara syarat untuk mengurus pecah PL di BP Batam adalah adanya Fatwa Planalogi.

“Jadi kalau tak ada Fatwa Planalogi, kami tak bisa jual juga. Jadi balik lagi, kami tetap harus mengurus Fatwa Planalogi,” ujar Ketua DPD REI Khusus Batam Djaja Roeslim, Kamis (30/3).

Pengembang, lanjut Djaja, tak keberatan jika harus mengurus Fatwa Planalogi ke BP Batam. Hanya saja, BP Batam tak mampu menyelesaikan pengurusan Fatwa Planalogi dengan cepat. Untuk mengurus satu Fatwa Planalogi, butuh waktu 4 bulan hingga 1 tahun.

Bahkan pada periode Juni hingga Desember silam tak ada dokumen pengajuan IMB ke Pemko Batam. Pasalnya, BP Batam belum merampungkan proses pengurusan Fatwa Planalogi yang diurus oleh penerima alokasi lahan.

“Yang jadi masalah bukan tak mau mengurus Fatwa Planalogi, tapi waktu pengurusannya itu yang sangat lama. Selain lama, juga tak ada standar berapa lama sebenarnya waktu pengurusannya,” tegasnya.

Lebih baik Pemko Batam, BP Batam dan seluruh stakeholder duduk bersama untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan demikian, bisa ada solusi tetap terkait lamanya pengurusan Fatwa Planalogi yang menghambat pembangunan dan pengembangan sejumlah lahan di Batam.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com