SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Wisata Religi di Batam: Tak hanya Menikmati Malam Takbiran Iduladha, Wisman Singapura Juga Berkurban 64 Kambing

  • Reporter:
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 | 21:50
  • Dibaca : 245 kali
Wisata Religi di Batam: Tak hanya Menikmati Malam Takbiran Iduladha, Wisman Singapura Juga Berkurban 64 Kambing

SINDOBATAM – Pawai takbir malam Iduladha di Batam berlangsung meriah, Sabtu (10/8/2019). Pawai yang dipusatkan di Jalan Raja Haji Fisabilillah  itu, selain dinikmati warga daerah ini, juga mampu menyedot perhatian wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melepas pawai dengan lantunan takbir. Senada dengan gema takbir yang dilantunkan dari atas kendaraan hias.

“Dibandingkan Idulfitri mungkin jumlah pesertanya di bawahnya. Tapi yang jelas sama-sama kita menyaksikan ada rasa kegembiaran seluruh masyarakat Kota Batam,” kata Rudi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Ardiwinata mengatakan, kegiatan seperti ini kerap ditunggu wisman khususnya dari negeri jiran seperti Singapura. Pasalnya, kemeriahan event serupa tak ditemukan di negara mereka.

“Alhamdulillah, mereka ikut menyemarakkan perayaan Iduladha di Batam,” kata Ardi.

Bahkan, kata dia, tak hanya mengikuti malam takbiran, wisman asal Singapura ini secara berkelompok juga menyalurkan hewan kurban di Batam.

“Ini menjadi salah satu potensi yang terua kita gali. Khusus mereka yang beragama Islam tentu Batam menjadi pilihan untuk kegiatan serupa,” ujarnya.

Ia mengatakan, di Singapura, event seperti ini sangat sulit ditemukan sehingga untuk merayaakan Iduladha dan sebagainya, mereka menuju Batam. “Potensi ini terus kita kembangkan, dan kita fasilitasi mereka untuk menyalurkan hewan kurban dan beramal lainnya,” kata dia.

Tak hanya itu, Ardi juga mengungkapkan jika ribuan wisman dari negara tetangga ini juga akan datang saat peresmian Masjid Sultan di Batam 20 September nanti yang akan mendatangkan Ustaz Abdul Somad.

Sementara itu, Pemilik Desti Tour and Travel Deska mengatakan, rombongan dari Singapura ini berjumlah 40 orang, selain menyakasikan malam takbiran, rombongan juga akan berkurban sebanyak 64 kambing dan menyalurkan 500 kantong beras fidiah.

“Nanti disalurkan ke sejumlah daerah di antaranya Pulau Akar dan Pulau Panjang,” kata dia.

Pawai takbir Iduladha kali ini sama seperti lebaran-lebaran lalu. Pemerintah Kota Batam kembali menggelar lomba kendaraan hias. Ketua panitia pawai takbir, Rustam Efendi mengatakan ada 148 kendaraan yang ikut pada pawai ini. Belum termasuk kendaraan roda dua.

Rute pawai pun masih sama seperti sebelumnya. Yakni dari Jalan Raja Haji Fisabiliah menuju flyover Laluan Madani. Kemudian belok ke Indomobil, melewati Polsek Lubukbaja, sampai ke simpang Baloi Centre. Selanjutnya belok ke arah Grand Batam Mall, simpang Apartemen Harmoni, belok ke arah Martabak Har Komplek Bumi Indah, lanjut ke Pelita, Sei Panas, sampai di simpang BNI. Belok ke bundaran Tuah Madani, dan finish di Masjid Agung Batam.

fadhil

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com