Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Awak kapal selam Titan kemungkinan tewas dalam ledakan dahsyat: US Coast Guard

Awak kapal selam Titan kemungkinan tewas dalam ledakan dahsyat: US Coast Guard

Pada hari Kamis, dalam pernyataan yang memilukan, Penjaga Pantai AS mengumumkan bahwa awak kapal di kapal selam Titan mungkin tewas seketika dalam “ledakan dahsyat”. Pernyataan itu menandai berakhirnya ketegangan selama 5 hari atas nasib kapal selam yang mencoba turun dari bangkai kapal Titanic – yang terletak hampir 13.000 kaki di bawah permukaan Samudra Atlantik Utara.

Pencarian yang melelahkan untuk kapal selam yang hilang sampai pada kesimpulan yang menghancurkan ketika kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) menemukan puing-puing besar – termasuk bagian kerucut ekor kapal dan lambung tekanan – terletak sekitar 1.600 kaki dari haluan Titanic. Dilaporkan, lebih dari $6,5 juta telah dihabiskan untuk pencarian subspesies oleh OceanGate yang berbasis di AS, yang telah mengumpulkan $250.000 dari setiap peserta ekspedisi.

Orang-orang di kapal selam itu adalah petualang Inggris Hamish Harding (58), penjelajah Titanic veteran Prancis Paul Henri Nargolet (77), pengusaha Inggris-Pakistan Shahzada Dawood (48) dan putranya Suleiman (19), dan American Stockton. Rush, salah satu pendiri OceanGate.

Titan dilaporkan hilang setelah kehilangan kontak dengan kapal pendukung permukaan Minggu pagi (18 Juni), setelah lebih dari satu jam melakukan apa yang seharusnya menjadi penyelaman dua jam untuk menjelajahi kapal karam paling terkenal di dunia. Pencarian juga berpacu dengan waktu karena kapal selam hanya memiliki suplai oksigen selama 96 jam. Pada akhirnya, ini mungkin tidak berperan karena cabang pembantu diduga telah runtuh secara internal jauh lebih awal.

Berita Titan meledak di dekat lokasi Titanic memicu diskusi tentang peraturan yang mengatur eksplorasi laut dalam. Para ahli menekankan perlunya protokol dan standar yang lebih jelas untuk operasi kapal selam laut dalam.

READ  Suami Karima Baloch menyalahkan ISI atas pembunuhannya dan meminta pemerintah Kanada membuka kembali kasus tersebut

Sutradara film terkenal dan sutradara Titanic James Cameron terguncang oleh kesamaan antara tenggelamnya Titanic dan ledakan kapal selam Titanic. Setelah melakukan lebih dari 70 penyelaman—termasuk 33 kali di Titanic, dia juga menyoroti keanehan dalam desain dan material kapal selam—dan menyatakan keraguan tentang penggunaan komposit serat karbon dan lambung titanium. Cameron mencatat bahwa teknologi yang digunakan untuk membangunnya tampak bermasalah.

“Akan tiba saatnya turun 13.000 kaki dengan kapal selam akan menjadi rutinitas. Tapi kita belum sampai ke sana,” kata Salvatore Mercogliano, seorang profesor sejarah yang berspesialisasi dalam sejarah dan politik angkatan laut.

Saat berita yang menghancurkan menyebar, “Itu adalah tempat yang sangat dia sukai,” kata Sidonie Nargolet, putri penjelajah Titanic Paul Henry Nargolet.

“Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang khas dan hasrat mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia,” kata Ekspedisi OceanGate dalam pernyataan resmi.

Laksamana John Mauger dari Penjaga Pantai AS menyatakan ketidakpastian tentang kemungkinan penemuan jenazah, mengakui sifat lingkungan laut dalam yang tak kenal ampun. Upaya pencarian ekstensif mencakup lebih dari 25.000 kilometer persegi lautan, hingga penemuan puing-puing yang suram pada hari Kamis.

(Dengan masukan dari IANS dan Times of India)

**

Untuk pembaruan cuaca, sains, luar angkasa, dan COVID-19 saat bepergian, unduh Aplikasi saluran cuaca (Di Android dan iOS Store). Gratis!