Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jutaan orang pergi ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji besar-besaran di tengah panasnya kosmopolitan Saudi

Jutaan orang pergi ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji besar-besaran di tengah panasnya kosmopolitan Saudi

Kerumunan besar jamaah memadati Mekah, kota paling suci Islam, pada hari Jumat untuk melakukan haji terbesar dalam beberapa tahun, dengan lebih dari dua juta orang diperkirakan akan menantang panas terik Arab Saudi.

Mengenakan jubah putih dan sandal, para peziarah memenuhi kota tua, yang sekarang dihiasi dengan hotel-hotel mewah dan pusat perbelanjaan ber-AC, setelah masuknya pesawat, bus, dan kereta api untuk ritual tahunan.

Para pejabat mengatakan haji tahun ini – salah satu pertemuan keagamaan tahunan terbesar di dunia – dapat memecahkan rekor kehadiran.

“Dengan semakin dekatnya musim haji, Kerajaan Arab Saudi … sedang mempersiapkan pertemuan Islam terbesar dalam sejarah,” kata Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah dalam sebuah video yang dirilis oleh kementerian minggu ini.

Ritualnya termasuk mengelilingi Ka’bah, kubus hitam besar di Masjidil Haram di Mekkah, berdoa di Gunung Arafah, dan “melempari setan” dengan melempar kerikil ke tiga dinding beton raksasa yang melambangkan Setan.

Rabia mengatakan lebih dari dua juta orang dari lebih dari 160 negara akan hadir – peningkatan yang signifikan dari 926.000 orang dibandingkan tahun lalu, ketika satu juta orang teridentifikasi setelah merebaknya pandemi.

Pada 2019, sekitar 2,5 juta orang berpartisipasi. Hanya 10.000 yang diizinkan pada tahun 2020, pada puncak pandemi Covid-19, meningkat menjadi hampir 59.000 setahun kemudian.

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan harus dilakukan oleh semua Muslim setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Perasaan yang luar biasa

Wisatawan dari seluruh dunia berduyun-duyun ke bandara modern Jeddah, beberapa di antaranya menggunakan layanan visa yang disederhanakan untuk turun dari pesawat langsung ke bus menuju akomodasi mereka.

READ  Beijing mengungkapkan kemarahan setelah kapal perang AS melintasi Selat Taiwan | berita Dunia

Para pejabat mengatakan sekitar 24.000 bus akan beroperasi untuk mengangkut jemaah haji, selain 17 kereta api yang mampu mengangkut 72.000 orang setiap jamnya.

“Rasanya luar biasa dan sangat emosional,” kata Souad Benouaïs, seorang peziarah Maroko berusia 60 tahun. Agen Pers Prancis Setelah kedatangannya pada kunjungan pertamanya ke Arab Saudi, ditemani oleh suaminya.

Ibadah haji ini akan menjadi yang terbesar sejak dihapuskannya kewajiban perempuan didampingi wali laki-laki pada 2021.

Tahun ini, batas usia juga telah dihapus, yang berarti ribuan orang lanjut usia akan berada di antara mereka yang menghadapi suhu musim panas Saudi yang diperkirakan mencapai 44 derajat Celcius (111 Fahrenheit).

Ritual haji dimulai Minggu malam di Masjidil Haram di Mekkah. Para jemaah akan tidur di tenda pada Senin malam dan menghabiskan Selasa di Gunung Arafah, puncak haji, tempat Nabi Muhammad diyakini menyampaikan khotbah terakhirnya.

Setelah melempar kerikil dalam ritual “lempari setan”, pada hari Rabu, menandai dimulainya hari raya Idul Adha, jamaah kembali ke Mekah untuk melakukan “tawaf” perpisahan mereka – mereka mengelilingi Ka’bah tujuh kali.

Dia meninggal karena terinjak-injak selama ritual “lempar jumrah” di Mina dekat Mekkah, bencana terburuk yang pernah ada di haji.

Lebih dari 700 orang tewas dalam serangan terkenal pada tahun 1979, ketika ratusan pria bersenjata yang menuntut turun tahta keluarga kerajaan Saudi membarikade diri mereka di dalam Masjidil Haram, menyandera sejumlah peziarah.

Menjelang ibadah haji, aparat keamanan menggelar pawai militer di Mekkah yang menampilkan tentara berpakaian lengkap kamuflase dan membawa senjata otomatis.

Omar Karim, seorang peneliti doktoral yang berspesialisasi dalam kebijakan luar negeri Saudi di Universitas Birmingham di Inggris, mengatakan bahwa menjadi tuan rumah haji adalah masalah prestise dan sumber legitimasi politik bagi para penguasa Saudi, para penjaga tempat-tempat suci.

Haji “menganugerahkan kepada kerajaan dan para penguasanya prestise dan prestise yang sangat besar yang kemudian menjadi sumber utama kekuatan lunak kerajaan.”