Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Berikut cara melihat gerhana bulan wormhole yang akan datang

Berikut cara melihat gerhana bulan wormhole yang akan datang

Gambar AFP/Getty

Bulan cacing akan muncul di Moskow pada bulan Maret 2022. Bulan cacing tahun 2024 akan menampilkan gerhana bulan penumbra, dengan tepi luar bayangan bumi menempel pada bulan, membuat bola bercahaya tampak sedikit lebih gelap dari biasanya.

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Bulan lubang cacing yang bersinar akan menerangi langit pada hari Senin dengan pertunjukan surgawi bagi orang-orang yang keluar rumah di pagi hari — gerhana bulan penumbra.

Bulan purnama di bulan Maret yang disebut dengan bulan cacing Almanak Petani Karena kedekatannya dengan titik balik musim semi, puncaknya akan terjadi pada pukul 3 pagi ET.

Beberapa jam yang lalu, mulai pukul 12:53 ET, Menurut Bumi LangitBulan akan berada pada posisi yang hampir sempurna dengan Matahari dan Bumi, menyebabkan tepi luar bayangan Bumi, yang dikenal sebagai penumbra, menghasilkan bola bercahaya.

Shaider Mohieldin/AFP/Getty Images

Bulan tampak sedikit lebih gelap saat gerhana bulan penumbra 2023 di Banda Aceh, Indonesia. Acara lunar akan dimulai Senin pukul 12:53 ET.

Gerhana terbesar akan terjadi pada… 03:12. Waktu bagian timur, saat bulan tampak sedikit lebih gelap dari biasanya dokter. Shannon Schmolldirektur Planetarium Abrams di Michigan State University.

“Hampir akan ada gradien kegelapan yang terjadi dari satu sisi Bulan ke sisi lainnya. Tidak akan ada perubahan dramatis besar dalam apa yang kita lihat di Bulan,” kata Schmuhl. “Tetapi jika Anda duduk di sana dan menontonnya , Anda mungkin melihat beberapa perbedaan halus dalam kecerahan.”

Bulan cacing – dinamai oleh suku asli Amerika untuk larva kumbang dan makhluk lain yang muncul dari hibernasi di musim semi – akan terlihat oleh semua orang di seluruh dunia, karena bulan akan tampak purnama. Untuk beberapa hari.

READ  Pelatihan kognitif paruh baya dapat meningkatkan keseimbangan di kemudian hari | Riset

Namun gerhana penumbra hanya akan terlihat oleh mereka yang berada di permukaan bulan Sisi malam Bumi Waktu kejadiannya meliputi Eropa, Asia Utara dan Timur, Australia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Gerhana bulan akan berakhir pada 5:33 ET, menurut EarthSky.

Gerhana penumbra terjadi sekitar dua minggu sebelum gerhana matahari total yang akan melintasi Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada pada 8 April. Schmoll mengatakan, gerhana bulan dan gerhana matahari selalu terjadi berpasangan karena jangka waktu Matahari, Bumi, dan Bulan tetap berada pada satu garis. . Meskipun Bulan purnama akan jatuh ke dalam bayangan Bumi selama gerhana penumbra ini, fase bulan baru Bulan berikutnya akan memungkinkan terjadinya kondisi yang diperlukan untuk terjadinya gerhana matahari, yaitu ketika Bulan akan berada di antara Matahari dan Bumi sehingga mengaburkan wajah Bulan. . Matahari dari pandangan.

“Musim gerhana” adalah periode sekitar 35 hari yang terjadi setiap enam bulan, dekat ekuinoks, Ketika kesejajaran yang hampir sempurna dari tiga benda langit yang diperlukan untuk terjadinya gerhana terjadi, Menurut NASA.

Schmoll mengatakan gerhana bulan tidak terjadi setiap bulan pada setiap bulan purnama karena bidang orbit bulan miring sekitar 5 derajat, sehingga pada sebagian besar bulan purnama, bayangan bumi akan berada tepat di bawah atau di atas bulan.

Meskipun gerhana penumbra tidak sedramatis gerhana bulan total di mana bulan tampak sangat merah, tidak ada peralatan khusus yang diperlukan untuk melihat gerhana bulan seperti kacamata yang diperlukan untuk melihat gerhana matahari, kata Schmuhl, yang memungkinkan terjadinya gerhana bulan. . Untuk melihatnya dengan mata telanjang.

“Yang perlu Anda lakukan hanyalah berada di luar dan melihat bulan dengan jelas saat itu terjadi,” tambah Schmuhl. “(Gerhana) selalu menjadi alasan yang baik untuk keluar dan mencoba melihat ke langit dan menghargai tempat kita di alam semesta, dan apa yang dapat kita amati dari planet kita.”

READ  Dapatkan sensasi untuk gambar pertama dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA - TechCrunch

Gerhana matahari dan bulan

Sedangkan peristiwa yang paling dinantikan diantara empat peristiwa gerhana yang akan terjadi pada tahun 2024 adalah… Gerhana matahari total pada 8 AprilGerhana matahari cincin akan terjadi pada 2 Oktober di sebagian Amerika Selatan. Gerhana jenis ini mirip dengan gerhana matahari total, hanya saja posisi Bulan berada pada titik terjauh orbitnya dari Bumi sehingga tidak dapat menghalangi Matahari sepenuhnya. Sebaliknya, gerhana matahari cincin menciptakan “cincin api” di langit di mana sinar matahari yang membara mengelilingi bayangan bulan.

Sementara itu, gerhana bulan sebagian, di mana Bumi bergerak antara Matahari dan Bulan tanpa sejajar sempurna, akan terjadi di Eropa dan sebagian besar Asia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan antara tanggal 17 dan 18 September.

Cek Lokasi waktu dan tanggal Untuk mengetahui kapan masing-masing gerhana tersebut akan muncul.

Dari 12 bulan purnama pada tahun 2024, peristiwa bulan pada bulan September dan Oktober akan dihitung sebagai supermoon, menurut EarthSky.

Definisi supermoon bisa berbeda-beda, namun istilah ini umumnya merujuk pada bulan purnama yang jaraknya lebih dekat ke Bumi dari biasanya sehingga tampak lebih besar dan terang di langit malam. Beberapa astronom mengatakan fenomena ini terjadi ketika Bulan berada dalam jarak 90% dari perigee – jarak terdekatnya dengan Bumi dalam orbitnya.

Berikut sisa bulan purnama tahun 2024:

• 23 April: Bulan Merah Muda

• 23 Mei: Bulan Venus

• 21 Juni: Bulan Stroberi

• 21 Juli: Pac Moon

• 19 Agustus: Bulan Sturgeon

• 17 September: Bulan Panen

• 17 Oktober: Bulan Pemburu

• 15 November: Bulan Berang-berang

• 15 Desember: Bulan Dingin

Pengamat langit dapat menantikan serangkaian hujan meteor tahun ini, menurut Masyarakat Meteor Amerika. Berikut tanggal-tanggal peristiwa meteor diperkirakan mencapai puncaknya tahun ini.

• Gitar: 21-22 April

• Eta Aquarius: 4-5 Mei

• Buckeyes di selatan Delta: 29-30 Juli

• Alfa Capricorn: 30-31 Juli

• Perseid: 11-12 Agustus

• Naga: 7-8 Oktober

• Al-Jabariyat: 20-21 Oktober

• Persediaan Selatan: 4-5 November

• Revolusi Utara: 11-12 November

• Leonides: 17-18 November

• Gemini: 13-14 Desember

• Ursids: 21-22 Desember