Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bintang jatuh bulan April: Cara melihat bintang – meskipun bulan mengganggu

  • DariSpanduk Tania

    Menutup

Waktu bintang jatuh dimulai dengan partikel yang dapat dilihat di langit pada pertengahan April. Pada tahun 2021, Bulan akan melakukan intervensi dengan pengamatan – tetapi trik sederhana akan membantu.

FRANKFURT – Musim semi mendekat dan sesuatu akhirnya terjadi di langit: Pada paruh kedua bulan April, setelah jeda yang lama, bintang-bintang jatuh bersinar lagi di langit malam – ini adalah waktu partikel. Namun, jika Anda ingin melihat bintang-bintang berjatuhan di langit pada bulan April, Anda harus mengutuk benda langit lain yang juga menawarkan sesuatu yang istimewa di bulan April: bulan.

Tapi kembali ke bintang jatuh: Asal usul partikel adalah jejak debu yang ditinggalkan komet C / 1861 G1 (Thatcher) di luar angkasa. Setiap tahun, bumi didorong melalui jalur debu komet ini dalam orbitnya mengelilingi matahari, dan butiran debu menembus atmosfer bumi dan terbakar di sana – di bumi itu “menghujani” bintang-bintang yang jatuh. Jumlah bintang meteor yang dapat dilihat, antara lain, bergantung pada kepadatan jalur komet yang dilalui Bumi. Dalam kasus lyrid, pada malam pengamatan yang sempurna, rata-rata hingga 18 bintang terang dapat dilihat per jam (para ahli menyebut nilai ini ZHR, “kecepatan zenithal per jam”). Namun, ada tahun-tahun di mana sekitar seratus bintang jatuh per jam telah dihitung – tetapi wabah seperti itu diperkirakan tidak terjadi pada tahun 2021.

Hujan meteor April 2021: Lyrids mencapai batas maksimumnya pada 22 April

Partikel mencapai maksimumnya pada 22 April pada tengah hari, dan malam dengan bintang jatuh paling banyak harus malam sebelumnya, dari 21 April hingga 22 April. Namun, justru pada saat inilah bulan sudah berisik: pada hari-hari di sekitar bintang jatuh yang ekstrem, sudah lebih dari separuh diterangi, pada 27 April ada bulan purnama – dan bulan raksasa yang sangat besar dan terang.

Anda dapat menemukan berita tentang astronomi dan perjalanan luar angkasa terbaru di halaman topik kami.

Secara umum, dengan arus bintang jatuh seperti Lyrids, arus tersebut dapat terlihat lebih baik setelah tengah malam, karena konstelasi tempat bintang jatuh tampak mengalir (yang disebut “pancaran”) baru kemudian tinggi di langit. Dalam kasus lyrid, radiasi terletak di konstelasi “Lyra” (bahasa Latin untuk “Lyra”), yang darinya nama arus bintang jatuh berasal. Konstelasi ini tidak terbit di timur sampai sekitar jam 10 malam, dan hanya berdiri sangat tinggi sehingga bintang jatuh dapat terlihat dengan jelas dari sekitar tengah malam.

Lyrids pada April 2021: Bintang yang tertangkap terlihat hanya dapat dilihat setelah tengah malam

Namun, pada tahun 2021, ada alasan lain mengapa mencari bintang larut malam bisa bermanfaat: bulan akan rendah di langit dan cahayanya tidak akan terlalu mengganggu pengamatan partikel.

Jika ingin berburu bintang jatuh pada pertengahan April, sebaiknya perhatikan tips observasi berikut ini dengan serius:

  • Situs observasi: Gelap mungkin dengan panorama langit terbaik.
  • Alat: Tempat yang nyaman untuk duduk atau berbaring, pakaian disesuaikan dengan suhu. Karena cuaca masih bisa sangat dingin pada malam hari di bulan April, minum minuman panas juga merupakan ide yang bagus.
  • waktu: Semakin malam semakin baik – mulailah setelah tengah malam jika memungkinkan. Semakin awal Anda perhatikan, semakin baik pemandangan ke arah timur (di sinilah radian naik).
  • Tanggal: Kesempatan terbaik untuk mendapatkan banyak bintang jatuh adalah pada malam tanggal 21 April hingga 22 April. Tetapi bahkan pada malam-malam sebelumnya Anda harus bisa melihat bintang-bintang jatuh di sana-sini.
READ  Promosi SFR: Pengembalian dana hingga 100 € untuk OPPO Find X3 + Paket Headphone Nirkabel untuk Smartphone

Astronaut: Untuk partikel, Anda harus mencari konstelasi Lyra

Konstelasi Lyra, tempat munculnya bintang-bintang yang menjulang tinggi, paling baik ditemukan dengan mencari bintang terang Vega, yang muncul di timur sekitar pukul 21.30. Itu adalah bagian dari konstelasi Lyra, yang memberi nama Lyrids. Namun, bintang jatuh tidak hanya muncul secara langsung di konstelasi Lyra, mereka juga dapat terlihat lebih jauh. Namun, jika Anda melacak jalannya di langit, kemungkinan besar itu akan berakhir di konstelasi Lyra.

Konstelasi Lyra (lat. Lyra) memberikan namanya pada aliran bintang jatuh dari lyrids. Bintang terang Vega sangat terlihat.

© Imago Stock dan People / Limage

Siapa pun yang mengira mereka membutuhkan teleskop atau teropong untuk mencari bintang jatuh juga salah: Karena bintang jatuh muncul dan menghilang dengan sangat cepat, akan membantu jika melihat langit malam sebanyak mungkin – memperbesar teleskop atau teropong adalah kontraproduktif dalam kasus ini. (Spanduk Tania)