Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bintang Pak Tik Tok menghadapi reaksi atas klip kebakaran hutan

Bintang Pak Tik Tok menghadapi reaksi atas klip kebakaran hutan

Humira Asghar mengatakan, “Tidak ada salahnya membuat video.”

Islamabad:

Seorang bintang media sosial Pakistan dengan jutaan pengikut menghadapi kritik setelah dia memposting video di TikTok di sebelah kebakaran hutan, ketika gelombang panas yang menghancurkan menyebarkan kesengsaraan di negara itu.

Humaira memposting klip yang lebih kecil dari dirinya yang sedang berjalan-jalan dengan gaun pesta perak di depan sebuah bukit yang terbakar dengan judul: “Api berkobar di mana pun Anda berada.”

Ini terjadi setelah polisi menangkap seorang pria awal bulan ini di kota barat laut Abbottabad karena sengaja membuat kebakaran hutan sebagai latar belakang sebuah video.

Suhu telah mencapai puncaknya pada 51 derajat Celcius di beberapa bagian Pakistan dalam beberapa hari terakhir, membuat orang miskin dan rentan berjuang untuk mengalahkan panas di negara miskin itu.

Asghar, yang memiliki lebih dari 11 juta pengikut di TikTok, mengatakan dalam sebuah pernyataan dari seorang rekan bahwa dia tidak menyalakan api dan “tidak ada salahnya membuat video”.

Klip telah dihapus.

“Anda seharusnya mengambil seember air untuk memadamkan api, bukan menyilaukannya,” kata Rina Saeed Khan Sati, seorang aktivis lingkungan dan ketua Dewan Pengelolaan Margasatwa Islamabad, kepada AFP.

Kelompok itu mengatakan setidaknya kebakaran lain minggu ini di perbukitan di sekitar ibu kota Pakistan terjadi dalam sebuah klip video di media sosial.

“Pesan yang dikirim oleh video ini sangat berisiko dan harus ditampung,” kata Sati.

Sebuah komentar di video Ms. Asghar di TikTok mengatakan tindakannya “bodoh dan gila”.

READ  Dua kasus Omicron di Karnataka: satu adalah dokter lokal tanpa riwayat perjalanan, yang lain seorang Afrika Selatan

Pakistan adalah negara kedelapan yang paling rentan terhadap cuaca ekstrem yang disebabkan oleh perubahan iklim, menurut Indeks Risiko Iklim Global yang disusun oleh LSM Germanwatch.

Tetapi para ahli mengatakan ada kurangnya kesadaran di antara penduduk tentang masalah lingkungan.

Kebakaran hutan biasa terjadi dari pertengahan April hingga akhir Juli, karena suhu tinggi dan petir serta pertanian tebas-bakar.

TikTok banyak digunakan oleh anak muda di Pakistan, dan videonya sering kali mendapatkan ratusan ribu suka

(Kecuali untuk headline, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)