Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Cadangan SBP mencapai level terendah pada tahun fiskal 22 – surat kabar

Salman Khan

KARACHI: Cadangan devisa Bank Negara Pakistan (SBP), yang telah menurun pesat sejak Agustus, mencatat penurunan terbesar sebesar $691 juta menjadi $16,254 miliar selama pekan yang berakhir 19 November.

Bank Sentral pada hari Kamis mengumumkan level terendah untuk tahun fiskal saat ini terutama karena pembayaran utang luar negeri.

Neraca eksternal negara berada di bawah tekanan ganda pembayaran utang dan peningkatan defisit transaksi berjalan.

Namun, para analis mengatakan situasinya dapat membaik dalam beberapa minggu atau bulan mendatang karena negosiasi diadakan atas pelepasan tahap $ 1 miliar dengan Dana Moneter Internasional. Berhasil menyimpulkan.

Fouad mengatakan deposit Saudi senilai $3 miliar akan turun minggu ini

IMF mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 21 November bahwa otoritas Pakistan dan staf IMF telah mencapai kesepakatan tingkat staf tentang kebijakan dan reformasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tinjauan keenam. Perjanjian tersebut harus mendapat persetujuan Dewan Eksekutif, setelah tindakan sebelumnya telah dilaksanakan, terutama yang berkaitan dengan reformasi keuangan dan kelembagaan.

Penyelesaian tinjauan akan membuka kunci $ 1,059 miliar, sehingga total pembayaran ke Pakistan di bawah Fasilitas Dana yang Diperpanjang menjadi sekitar $ 3,027 miliar dan membantu membuka pendanaan yang signifikan dari mitra bilateral dan multilateral.

“Masuknya lebih dari $1 miliar dari IMF akan membantu Bank Investasi Sosial meningkatkan cadangan devisanya, yang pada akhirnya akan memperkuat rezim nilai tukar,” kata Samiullah Tariq, kepala penelitian di Pakistan Investment Corporation of Pakistan.

Pakistan juga menunggu untuk menyetorkan $3 miliar ke rekening SBP Dijanjikan oleh Kerajaan Arab Saudi. Dengan persetujuan IMF, Pakistan dapat menerima deposit yang dijanjikan.

Pada hari Kamis, Menteri Penerangan, Che Fuad Hussain, mentweet bahwa semua prosedur hukum untuk transfer $3 miliar oleh Arab Saudi telah selesai dan bahwa Pakistan akan mendapatkan jumlah yang dijanjikan minggu ini.

READ  AS memperingatkan China terhadap perubahan sepihak terhadap status quo di Taiwan | berita Dunia

“Kliring IMF juga akan memungkinkan Pakistan untuk meluncurkan sukuk (obligasi Islam),” kata Tariq. Negara berencana untuk mengumpulkan hingga $ 1,5 miliar melalui sukuk dari pasar internasional.

Sejak Agustus tahun ini, Bank Negara telah merugi sekitar $3,82 miliar karena pembayaran utang. Cadangan devisa Bank Negara pada Agustus berjumlah $ 20.074 miliar, yang turun menjadi $ 16,254 miliar pada 19 November.

Penurunan cadangan SBP mempengaruhi paritas nilai tukar antara rupee dan dolar. Dolar AS diperdagangkan pada tingkat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahun fiskal sebelumnya terutama karena impor yang lebih tinggi. Bank sentral memperkirakan dalam laporan tahunannya untuk tahun fiskal 21, yang dirilis pada hari Rabu, bahwa total impor dapat mencapai $63,5 miliar pada 30 Juni 2022, yang tentunya akan memperlebar defisit transaksi berjalan (CAD).

Namun, SBP masih percaya bahwa dolar Kanada akan menjadi 2-3 persen dari PDB sementara telah melampaui 4,7 persen dalam 4 bulan FY22.

Total cadangan devisa negara itu turun $777 juta menjadi $22,77 miliar selama seminggu. Kepemilikan valuta asing bank komersial turun $86 juta menjadi $6,519 miliar.

Diposting di Fajar, 26 November 2021