Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

China melarang beberapa impor Taiwan tetapi menghindari gangguan chip

Carl B. berkata: Weinberg dari High-Frequency Economics menyatakan dalam sebuah laporan: “Ekonomi global tidak dapat berfungsi tanpa chip yang dibuat di Taiwan atau China.”

Carl B. berkata: Weinberg dari High-Frequency Economics menyatakan dalam sebuah laporan: “Ekonomi global tidak dapat berfungsi tanpa chip yang dibuat di Taiwan atau China.”

China melarang impor buah jeruk, ikan, dan makanan lain dari Taiwan sebagai tanggapan Kunjungan Legislator AS Nancy PelosiTapi itu telah menghindari mengganggu salah satu teknologi paling penting di dunia dan hubungan manufaktur.

Tidak ada hubungan resmi antara kedua belah pihak, yang berpisah pada tahun 1949 setelah perang saudara, tetapi ikatan komersial miliaran dolar, terutama mengingat masuknya chip prosesor buatan Taiwan yang dibutuhkan oleh pabrik-pabrik China yang merakit smartphone dunia dan lainnya. perangkat elektronik.

Mereka membangun bisnis-bisnis itu sementara Beijing selama beberapa dekade mengancam akan menegakkan klaim Partai Komunis yang berkuasa di pulau itu melalui serangan.

Perdagangan bilateral naik 26% tahun lalu menjadi $328,3 miliar. Taiwan, yang memproduksi setengah dari chip prosesor dunia dan memiliki teknologi yang tidak dapat ditandingi oleh daratan, mengatakan penjualan pabrik China naik 24,4% menjadi $104,3 miliar.

Carl B. berkata: Weinberg dari High-Frequency Economics menyatakan dalam sebuah laporan: “Ekonomi global tidak dapat berfungsi tanpa chip yang dibuat di Taiwan atau China.”

Pada 3 Agustus, Beijing melarang impor jeruk, makarel beku, dan makarel dari Taiwan setelah itu Ibu Pelosi, Ketua DPR RI, tiba di pulau. China tidak mengganggu aliran chip dan komponen industri lainnya, sebuah langkah yang akan mengirimkan gelombang kejutan melalui ekonomi global yang goyah.

Juga minggu ini, China melarang impor ratusan makanan lainnya dari Taiwan termasuk kue dan makanan laut, meskipun waktunya tidak jelas. Situs web pabean menunjukkan bahwa status impornya telah diubah menjadi “tertunda”.

Buah-buahan, ikan, dan makanan lainnya merupakan bagian kecil dari ekspor Taiwan ke China, tetapi larangan tersebut merugikan daerah-daerah yang dianggap sebagai pendukung Presiden Tsai Ing-wen. Beijing telah menggunakan larangan impor pisang, anggur, batu bara, dan barang-barang lainnya sebagai pengaruh dalam perselisihan dengan Australia, Filipina, dan pemerintah lainnya.

Beijing juga mengumumkan empat hari latihan militer dengan tembakan artileri di perairan sekitar Taiwan. Hal ini dapat menunda atau mengganggu pengiriman ke dan dari pulau itu, salah satu pedagang terbesar di dunia.

Potensi gejolak tersebut menambah kekhawatiran tentang melemahnya pertumbuhan ekonomi global, tetapi pasar saham Asia menguat pada 3 Agustus setelah tidak ada tanda-tanda segera tindakan militer China.

Partai Komunis mengatakan kunjungan Pelosi dapat mendorong Taiwan untuk membuat kemerdekaan de facto yang telah berumur puluhan tahun menjadi permanen. Beijing mengatakan ini akan mengarah pada perang.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah mencoba menenangkan Beijing, dengan mengatakan tidak ada perubahan dalam “kebijakan satu China” Washington. Ini mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak mengambil posisi apa pun atas status kedua belah pihak tetapi ingin menyelesaikan perselisihan mereka secara damai.

Baca: Taiwan | Titik nyala berikutnya dalam kompetisi AS-China

Washington tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan, tetapi mempertahankan hubungan informal dan terikat oleh hukum federal untuk melihat pulau itu memiliki sarana untuk mempertahankan diri.

Selama pertemuannya dengan para pemimpin di Taiwan, Pelosi mengatakan dia dan anggota Kongres yang bepergian bersamanya menunjukkan bahwa mereka tidak akan meninggalkan komitmen mereka terhadap demokrasi pulau itu.

“Tekad Amerika untuk melestarikan demokrasi, di sini di Taiwan dan di seluruh dunia, tetap teguh,” kata Pelosi dalam pidato singkatnya saat bertemu dengan presiden, Tsai. Kemudian hari ini, dia berangkat ke Korea Selatan. Ancaman militer, Taiwan tidak akan mundur,” kata Tsai.

Perusahaan Taiwan telah menginvestasikan hampir $200 miliar di daratan selama tiga dekade terakhir, menurut pemerintah pulau. Pengusaha, insinyur, dan lainnya bermigrasi ke daratan untuk bekerja, dan beberapa dipekerjakan oleh pembuat chip China dan perusahaan lain yang ingin mengejar ketinggalan dengan Taiwan.

Sensus 2020 menemukan bahwa 1.58.000 orang Taiwan tinggal di daratan, menurut Kementerian Kepolisian. Taiwan memainkan peran besar dalam pembuatan chip untuk pulau berpenduduk 24,5 juta orang, yang menyumbang lebih dari setengah pasokan global.

Produsennya, termasuk Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp. Prosesor paling canggih untuk ponsel cerdas, tablet, perangkat medis, dan produk lainnya.

Beijing telah menginvestasikan miliaran dolar untuk mengembangkan industrinya sendiri, yang menyediakan chip murah untuk mobil dan peralatan tetapi tidak dapat mendukung smartphone, komputer tablet, perangkat medis, dan produk lainnya terbaru. Keripik adalah impor terbesar China dengan nilai lebih dari $400 miliar per tahun, di atas minyak mentah.

Fokus ini telah menimbulkan kekhawatiran di Amerika Serikat dan Eropa tentang ketergantungan yang berlebihan pada pasokan dari Asia Timur. Pemerintah AS sedang berusaha untuk memperluas kapasitas produksi Amerika.

Secara keseluruhan, Cina adalah mitra dagang terbesar Taiwan, menyumbang lebih dari dua kali ekspornya dari Amerika Serikat, pasar luar negeri No. 2 di pulau itu. Beijing telah mencoba menggunakan akses pasarnya untuk melemahkan Tsai dan para pemimpin Taiwan lainnya yang dituduh mencari kemerdekaan.

Partai Komunis juga telah menggunakan aksi militer di masa lalu untuk mencoba menyakiti para pemimpin Taiwan dengan mengganggu ekonomi pulau itu. Daratan mencoba mengalihkan pemilih dari Presiden Lee Teng-hui saat itu sebelum pemilihan presiden langsung pertama pulau itu pada tahun 1996 dengan menembakkan rudal ke jalur pelayaran.

Itu memaksa pengirim untuk membatalkan penerbangan dan menaikkan biaya asuransi, tetapi itu menjadi bumerang ketika memungkinkan saya untuk membual tentang membela Beijing di depan pendukung yang bersorak. Lee memenangkan pemilihan empat arah dengan 54% suara.

READ  Krisis Ukraina Berita Langsung, Rusia- Ukraina Hari Ini Berita, Rusia Berita Perang Ukraina, Berita Perang Dunia 3, Rusia Berita Ukraina