Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Dana Moneter Internasional mengatakan bertujuan untuk “cepat” mencapai kesepakatan dengan Pakistan pada dukungan keuangan – bisnis

Dana Moneter Internasional mengatakan bertujuan untuk “cepat” mencapai kesepakatan dengan Pakistan pada dukungan keuangan – bisnis

Dana Moneter Internasional mengatakan pada Selasa malam pihaknya bertujuan untuk “segera” mencapai kesepakatan dengan Pakistan mengenai dukungan keuangan dari pemberi pinjaman global karena Islamabad mengambil “langkah-langkah tegas” untuk menyelaraskan kebijakannya dengan reformasi ekonomi yang diinginkan oleh lembaga tersebut. .

“Selama beberapa hari terakhir, pihak berwenang Pakistan telah mengambil tindakan tegas untuk membuat kebijakan lebih sejalan dengan program reformasi ekonomi yang didukung IMF,” Nathan Porter, kepala misi bank di Pakistan, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dia mengindikasikan bahwa langkah-langkah ini termasuk menyetujui anggaran DPR untuk memperluas basis pajak sambil memberi jalan untuk meningkatkan belanja sosial dan pembangunan, serta langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja pasar valuta asing dan pengetatan kebijakan moneter untuk menguranginya. Tekanan inflasi dan neraca pembayaran yang secara khusus mempengaruhi kelompok yang paling rentan.

“Tim IMF melanjutkan diskusi dengan pihak berwenang Pakistan dengan tujuan untuk segera mencapai kesepakatan tentang dukungan keuangan dari IMF,” tambahnya.

Pernyataan Porter muncul ketika Pakistan terus bernegosiasi dengan Dana Moneter Internasional untuk menyelesaikan tinjauan kesembilan dari Fasilitas Dana Perpanjangan senilai $6,5 miliar yang disepakati pada tahun 2019 dan merilis tahap $1,2 miliar.

Tinjauan telah terhenti sejak Oktober dan pemerintah sekarang berharap untuk menyelesaikannya segera karena Perdana Menteri Shehbaz Sharif telah berurusan dengan kepala IMF beberapa kali dalam beberapa hari terakhir.

“ Kami sedang mencoba untuk mendapatkan $2,6 miliar dalam pembiayaan ditahan,” katanya.

Menteri Keuangan Isaac Dar mengatakan sebelum pernyataan Porter Berita geo Capital Talk menunjukkan bahwa pemerintah sedang mengerjakan mekanisme untuk membuka pembiayaan penuh sebesar $2,6 miliar di bawah program pinjaman IMF.

Menteri Keuangan Isaac Dar berbicara tentang itu Berita geo “Capital Talk” pada hari Selasa. Tangkapan layar melalui Berita geo Youtube

Dar mengungkapkan optimismenya bahwa kesepakatan telah dicapai dengan Dana Moneter Internasional untuk melepaskan tahap yang sangat dibutuhkan sebesar $1,2 miliar, mencatat bahwa total $2,6 miliar “tidak terpakai” di bawah program tersebut.

READ  Tonton: Panas Kanada melelehkan permen di kolam renang; Membuat internet kagum

Dengan berakhirnya program IMF pada tanggal 30 Juni, bahkan setelah selesainya tinjauan kesembilan, sejumlah dana masih belum terbayar di bawah program tersebut karena tinjauan kesepuluh tampaknya tidak mungkin dilakukan.

Menteri mengatakan bahwa pemerintah berharap dan berusaha untuk tidak hanya mendapatkan $1,2 miliar dana yang belum terbayar setelah selesainya tinjauan kesembilan tetapi juga mencari jalan keluar untuk mencairkan seluruh jumlah $2,6 miliar yang belum terhutang.

“Ini daftar keinginan saya,” katanya, menambahkan bahwa “satu atau dua hari ke depan sangat penting.”

Menteri Keuangan juga mengatakan bahwa jika tidak ada kesepakatan dengan Pakistan, pemerintah telah menyiapkan “Rencana B”, tetapi bukan “kepentingan nasional” untuk membagikan rincian lebih lanjut tentang masalah tersebut.

Panggilan telepon hari ini.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Perdana Menteri (PMO) hari ini mengatakan bahwa Perdana Menteri membahas program IMF dengan Presiden Bank Dunia, dan Direktur Jenderal IMF mengakui upaya yang dilakukan oleh Menteri Keuangan dan timnya untuk menyelesaikan program tersebut. program.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa Perdana Menteri Shahbaz mengungkapkan harapannya bahwa koordinasi pada poin-poin program IMF akan menghasilkan keputusan oleh Bank Dunia dalam satu atau dua hari.

kata pejabat itu, Senin fajar Bahwa “hampir semua rangsangan antara IMF dan staf Kementerian Keuangan ditangani beberapa jam sebelum pidato likuidasi Menteri Keuangan pada hari Sabtu.”

Pejabat itu juga mengatakan bahwa sekarang tergantung pada tugas IMF untuk menetapkan tanggal pasti untuk persetujuan dewan eksekutif pemberi pinjaman dan pencairan dana.

Namun, dia mengakui bahwa itu tidak ada dalam kalender sampai 30 Juni, ketika fasilitas Perpanjangan Dana senilai $6,5 miliar yang disepakati pada tahun 2019 berakhir.


Masukan tambahan dari Reuters