Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Dari menyembunyikan emas hingga halal, menghadapi monopoli di Mesir, seorang senator Amerika dan istrinya dituduh melakukan korupsi

Dari menyembunyikan emas hingga halal, menghadapi monopoli di Mesir, seorang senator Amerika dan istrinya dituduh melakukan korupsi

Jaksa federal menuduh Senator AS Robert Menendez melakukan suap dan pemerasan. Menendez dituduh menggunakan kekuasaannya untuk membantu tiga orang dan pemerintah Mesir dengan imbalan suap.

Menurut jaksa, Partai Demokrat New Jersey dan istrinya menerima emas batangan ratusan ribu dolar, pembayaran hipotek, mobil Mercedes-Benz convertible, dan uang tunai.

Sebagian besar uang tunai itu disimpan dalam amplop dan kotak dan disembunyikan di sekitar rumah mereka, dan sebagian lagi disembunyikan di dalam jaket yang bertuliskan namanya.

Emas batangan senilai sekitar $150.000 juga ditemukan, dan sebuah mobil Mercedes-Benz convertible mewah, hadiah dari seorang pengusaha.

Jaksa mengatakan mereka memiliki bukti yang membuktikan bahwa pada saat dia dan istrinya memperoleh emas batangan tersebut, Menendez mencari di Google untuk mengetahui nilainya.

Dia dituduh melakukan upaya luar biasa untuk membantu orang-orang yang diduga menghujani dia dan istrinya, Nadine Menendez, dengan hadiah dan uang.

Menendez, istrinya, Hannah, dan dua pengusaha lainnya, Jose Uribe dan Fred Dibes, didakwa melakukan suap dan penipuan.

Menendez dan istrinya juga didakwa melakukan pemerasan.

Menendez diduga menggunakan kantornya untuk membantu Hanna melindungi monopolinya dalam mensertifikasi ekspor daging halal produksi AS ke Mesir sesuai dengan standar Islam. Hanaa, meski tidak memiliki pengalaman di bidang sertifikasi halal, memperoleh monopoli secara misterius pada tahun 2019.

Beberapa jam setelah dakwaan, Menendez mengundurkan diri “sementara” dari jabatannya sebagai Ketua Komite Hubungan Luar Negeri, sebuah posisi yang memberinya pengaruh signifikan terhadap hubungan luar negeri AS.

Dalam sebuah pernyataan, Menendez menyebut tuduhan tersebut “tidak berdasar” dan menggambarkan dakwaan tersebut sebagai serangan pribadi terhadap dirinya dan istrinya, Nadine Menendez.

Seruan pengunduran dirinya bahkan datang dari sesama anggota Partai Demokrat, dan Gubernur New Jersey Phil Murphy mengatakan tuduhan itu “sangat meresahkan”.

READ  Setelah Xi Jinping mencatat "hak untuk menggunakan kekuatan", Taiwan mengatakan tidak akan mundur

Jika terbukti bersalah, dakwaan paling serius bisa diancam dengan hukuman penjara hingga 20 tahun.

“Berita menggembirakan! Mint sekarang ada di saluran WhatsApp 🚀 Berlanggananlah hari ini dengan mengeklik tautannya dan ikuti terus ide-ide keuangan terkini!” klik disini!

Dapatkan semua berita bisnis, berita pasar, berita terkini, dan pembaruan berita terkini di Live Mint. Unduh aplikasi Mint News untuk pembaruan pasar harian.

Kurang lebih

Diperbarui: 23 Sep 2023, 11:24 IST