Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Dinesh Gunawardena, yang orang tuanya berjuang dalam perjuangan kemerdekaan di India, adalah Perdana Menteri baru Sri Lanka.

Dinesh Gunawardena, 72 tahun, adalah Perdana Menteri baru Sri Lanka. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dilantik sebagai Perdana Menteri pada hari Jumat.

Dia adalah Menteri Luar Negeri dan Pendidikan di pemerintahan Gotabaya Mahinda sebelumnya.

Presiden Ranil Wickremesinghe, yang menghadapi tentangan sengit dari rakyat untuk promosinya sebagai kepala negara, dapat memimpin pemerintahan nasional jika semua partai politik setuju untuk bergabung. Jika itu terjadi, dia mungkin akan menunjuk perdana menteri baru nanti.

Gunawardena, salah satu aktivis paling berpengaruh dalam politik Sri Lanka, dikenal dengan kata-katanya yang sederhana. Dia adalah teman dekat Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa yang digulingkan, dan sebagai pemimpin oposisi bersama, dia terus mengibarkan bendera oposisi selama rezim Maithripala Sirisena dan Wickremesinghe antara 2015 dan 2019. Menteri Sri Lanka di bawah Presiden Ranil Wickremesinghe yang berjuang selama beberapa dekade.

Dididik di Amerika Serikat dan Belanda, Dinesh Gunawardena adalah seorang pemimpin serikat dan pejuang sengit seperti ayahnya yang legendaris Philip Gunawardena, yang dikenal sebagai bapak sosialisme di Sri Lanka.

Cinta oleh Philip Gunawardena India Upaya kebebasan melawan pendudukan imperialis dimulai pada awal 1920-an di Amerika Serikat.

Dia adalah teman sekelas Jayaprakash Narayan dan V.

Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa keluarganya memiliki hubungan dekat dengan India dan seluruh keluarga memiliki kecenderungan pro-India yang kuat.

Ayah dan ibu Perdana Menteri Philip Kusuma menyusup ke India setelah melarikan diri dari Sri Lanka (saat itu merupakan koloni Inggris, Ceylon) selama yang kedua. Globalisme perang.

Mereka bergabung dengan aktivis bawah tanah yang berjuang untuk kebebasan dan menghindari penangkapan untuk beberapa waktu. Pada tahun 1943, intelijen Inggris menangkap keduanya dan menahan mereka di Penjara Arthur Road di Bombay. Setahun kemudian, mereka dideportasi ke Sri Lanka dan tidak dibebaskan sampai perang berakhir.

READ  Idul Fitri Wishes Gambar, Kutipan, Status, Wallpaper, Pesan, Gambar HD, GIF, Shayari dan Kartu Ucapan

Suatu kebanggaan tersendiri baginya karena Philip, Robert dan Kusuma semua ikut ambil bagian dalam perjuangan kemerdekaan di India dan masuk penjara di Bombay. Hubungan mereka dengan India dimulai hampir seratus tahun yang lalu untuk membebaskan Asia Selatan dari kekuasaan Inggris.

Perdana Menteri pertama India Jawaharlal Nehru mengunjungi rumah keluarganya di Sri Lanka untuk secara pribadi berterima kasih kepada mereka atas dukungan tak terbatas mereka untuk gerakan kebebasan di India dan pengorbanan pribadi mereka.

Setelah Sri Lanka memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948, Philip dan Kusuma menjadi anggota Parlemen. Philip adalah pemimpin pendiri dan menteri kabinet Pemerintah Revolusi Rakyat pada tahun 1956. Keempat putranya juga memegang posisi politik yang tinggi, termasuk walikota Kolombo, menteri, deputi, dll.

Dinesh Gunawardena, yang memiliki citra bersih seperti orang tuanya, telah menjadi menteri kabinet yang kuat selama lebih dari 22 tahun, dan menganjurkan hubungan yang lebih baik dengan India.

Secara budaya, sosial, sejarah dan bahkan dalam aspek mitos, India telah menjadi tetangga terdekat Sri Lanka selama ribuan tahun dan penting untuk menjaga hubungan baik. Masih banyak yang harus dilakukan dalam beberapa hari mendatang, kata beberapa orang yang dekat dengannya.

Sri Lanka berada dalam kekacauan yang mendalam dan Gonawardina mungkin tidak dapat melakukan apa pun untuk mewujudkannya.

Baca semua file berita terbaruDan berita terbaruJam tangan Video paling penting Dan tv langsung disini.