Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Siapa Perdana Menteri Sri Lanka yang baru Dinesh Gunawardena?

Teman sekolah Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, Dinesh Gonawardena, pernah menjabat berbagai posisi menteri di masa lalu.

Teman sekolah Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, Dinesh Gonawardena, pernah menjabat berbagai posisi menteri di masa lalu.

Dinesh Gunawardena, seorang pemimpin sayap kiri yang keluarganya memiliki hubungan dengan India, menjadi perdana menteri Sri Lanka karena takdir pada saat negara itu mengalami krisis ekonomi dan gejolak politik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Gunawardena, salah satu pelopor politik Sri Lanka, diangkat sebagai Perdana Menteri pada 22 Juli, sehari kemudian Ranil Wickremesinghe telah dipromosikan menjadi Presiden. Bapak Gunawardena, 73 tahun, sebelumnya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Menteri Pendidikan. Dia diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri pada bulan April oleh Kemudian Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Pembaruan krisis Sri Lanka secara langsung | Ali Sabri, Menteri Luar Negeri. Dinesh Gunawardena dilantik sebagai Perdana Menteri baru

Kepala Sekolah Wickremesinghe Rekan Sekolah, Dinesh GunawardenaDi masa lalu, ia memegang berbagai posisi menteri. Lahir pada tahun 1949, Bapak Gunawardena adalah pemimpin mayoritas nasionalis Trotskyis Mahajana Exath Peramuna (MEP), sebuah konstituen partai dari Partai Bodogana Peramuna yang berkuasa di Sri Lanka.

Bapak Gunawardena berasal dari keluarga politik terkemuka di Sri Lanka dan merupakan sekutu dekat keluarga Rajapaksa yang memerintah negara itu selama hampir dua dekade. Ayahnya adalah seorang tokoh terkemuka dalam gerakan sosialis sayap kiri di era Inggris sebelum kemerdekaan negara itu pada tahun 1948.

Kakak laki-lakinya, Indika, yang meninggal pada tahun 2015, lahir di Bombay pada tahun 1943 ketika orang tuanya bersembunyi di India karena memberontak terhadap pemerintahan Inggris. Indika adalah menteri kabinet dari 1994 hingga 2001.

Bapak Gunawardena menerima pendidikan dasar dan menengah dari Imperial College, Kolombo dan kemudian belajar di Sekolah Bisnis Belanda, lulus dengan gelar Diploma Bisnis dan Manajemen. Dia kemudian kuliah di University of Oregon, lulus dengan gelar Bachelor of Business Administration di International Business. Ia menggantikan ayahnya, Philip Gunawardena, pada 1979 untuk memimpin partai tersebut.

Bapak Gunawardena pertama kali masuk Parlemen pada tahun 1983 dari pinggiran kota Colombo yang padat penduduknya di Maharagama dan menjadi tokoh oposisi terkemuka hingga tahun 1994. Beliau menjadi Menteri Kabinet untuk pertama kalinya pada tahun 2000. Beliau terus memegang posisi senior di Kabinet hingga tahun 2015. Beliau kembali ke Kabinet pada tahun 2020.

Pemerintah baru yang dipimpin oleh Wickremesinghe menghadapi tugas untuk menarik negara itu keluar dari keruntuhan ekonomi dan memulihkan ketertiban setelah berbulan-bulan protes massal yang memaksa Presiden Rajapaksa meninggalkan negara itu dan mengundurkan diri.

Sri Lanka telah menyaksikan protes sejak pertengahan April. Demonstran menuntut pemimpin mereka untuk mengundurkan diri karena krisis ekonomi. Penunjukan Gunawardena dilakukan beberapa jam setelah pasukan keamanan melakukan beberapa penangkapan dan membersihkan kamp protes di dekat istana presiden di ibukota.

Sebagai Perdana Menteri, Tuan Gunawardena harus berjalan di atas tali. Hubungan dekatnya dengan Rajapaksa dapat membuat marah para pengunjuk rasa yang menyalahkan keluarga berkuasa atas krisis ekonomi terburuk di negara itu.

Kabinet 18-anggota menyusun sumpah

Presiden Ranil Wickremesinghe telah dilantik di hadapan 18 anggota Kabinetnya dengan harapan mengakhiri ketidakstabilan politik dan krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu. Kabinet dilantik pada hari pertama Mr. Wickremesinghe menjabat.

Selain Perdana Menteri Gunawardena, ada 17 menteri lainnya di Kabinet. Ali Sabri yang sebelumnya mengepalai Kementerian Keuangan diangkat sebagai Menteri Luar Negeri. Perdana Menteri Gunawardena diberi portofolio tambahan administrasi publik, urusan dalam negeri, dewan daerah dan pemerintah daerah.

Menteri-menteri lainnya tetap dengan portofolio yang sama sementara Presiden Wickremesinghe masih menjabat sebagai Menteri Keuangan.

READ  Coronavirus (Covid-19) India Live News: Pemerintah mengizinkan ekspor vaksin Rusia dosis tunggal 'Made in India' Sputnik Light