Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

G20: India menjadi presiden G20, PM menyerukan ‘perubahan mentalitas’: 10 poin

India menyerahkan kepresidenan blok berpengaruh itu pada KTT G-20 di Bali

New Delhi:
Saat India menjadi presiden G-20, forum ekonomi terbesar di dunia, Perdana Menteri Narendra Modi menyerukan “perubahan pola pikir mendasar untuk kepentingan umat manusia secara keseluruhan”.

  1. Perdana Menteri Modi mengatakan kepresidenan G20 India selama satu tahun akan “inklusif, ambisius, tegas, dan berorientasi pada tindakan”.

  2. Hari ini India mengambil alih kepresidenan G-20 dengan fokus memerangi terorisme dan “kesatuan” dalam menghadapi tantangan global, seperti perlambatan ekonomi dan krisis iklim.

  3. Pemerintah juga berupaya membangun konsensus untuk menciptakan infrastruktur yang tahan terhadap bencana, perubahan iklim, dan keberlanjutan utang. Rencana G20 di India juga mencakup fokus khusus pada startup dan menjembatani kesenjangan digital.

  4. India akan menjadi tuan rumah hingga 200 pertemuan di seluruh negeri selama tahun depan, dengan pertemuan pertama berlangsung di Udaipur akhir pekan ini. KTT G20 akan diadakan di New Delhi pada September 2023.

  5. Mulai hari ini, 100 monumen di seluruh negeri, termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, akan dinyalakan untuk menyoroti logo G20 selama seminggu.

  6. Perdana Menteri Narendra Modi meluncurkan slogan dan tema kepresidenan G20 India bulan lalu. Logo menggambarkan bunga teratai dan bola dunia, sedangkan tema kepresidenan G20 India adalah – “Satu Bumi, Satu Keluarga, Satu Masa Depan” – menyoroti komitmennya untuk “Vasudeva Kutumbakam” (Dunia adalah Satu Keluarga).

  7. India menyerahkan kepemimpinan blok berpengaruh itu pada upacara penutupan KTT G-20 sebelumnya di Bali, yang diselenggarakan Indonesia pada 15-16 November.

  8. G20 atau G20 adalah forum antar pemerintah untuk ekonomi maju dan berkembang terpenting di dunia.

  9. Grup ini terdiri dari Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Eropa. Persatuan.

  10. Negara-negara anggota menyumbang sekitar 85 persen dari PDB global, lebih dari 75 persen perdagangan dunia, dan sekitar dua pertiga populasi dunia.

Video unggulan hari ini

Telangana Clash: KCR vs yang lainnya?

READ  Presiden Rajapaksa mengatakan dia akan mengundurkan diri pada hari Rabu: Kantor Perdana Menteri Sri Lanka