Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Google Doodle merayakan ulang tahun ke-89 psikolog Hungaria-Amerika Mihaly Csikszentmihalyi.

Google Doodle merayakan ulang tahun ke-89 psikolog Hungaria-Amerika Mihaly Csikszentmihalyi.

Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-89 Mihály Csíkszentmihályi, memberikan penghormatan kepada psikolog Hungaria-Amerika yang terkenal karena karya pionirnya dalam eksplorasi ilmiah tentang kebahagiaan dan kreativitas.

Csíkszentmihályi terkenal karena menciptakan istilah “aliran”, yang mengacu pada kondisi mental yang sepenuhnya tenggelam dalam suatu aktivitas. Hal ini terkait dengan kinerja optimal dan kesejahteraan yang ditandai dengan fokus, kenikmatan, dan kepuasan.

Berita menarik! Mint kini hadir di saluran WhatsApp 🚀 Berlanggananlah hari ini dengan mengeklik tautan dan dapatkan informasi terkini mengenai wawasan keuangan terkini!” klik disini!

masa muda

Lahir pada hari ini pada tahun 1934 di Italia (yang saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Italia), kehidupan awal Csíkszentmihályi ditandai dengan kesulitan keuangan akibat Perang Dunia II. Terpaksa meninggalkan sekolah untuk menghidupi keluarganya, penderitaan mendalam yang ia saksikan selama perang memperkuat tekadnya untuk memahami ilmu kebahagiaan. Pencariannya membawanya melalui seni, filsafat, dan agama sampai ia menemukan ceramah Carl Jung. Young membahas psikologi orang-orang Eropa yang mengalami trauma pascaperang dan bagaimana kondisi mental mereka membuat mereka melaporkan penampakan UFO di langit.

Baca juga: Google Doodle Rayakan Hari Guru di Taiwan untuk Menghormati Konfusius

pendidikan

Pada usia dua puluh dua tahun, dia pindah ke Amerika Serikat untuk belajar psikologi di Universitas Chicago. Ketertarikannya terhadap konsep ini tumbuh selama studi pascasarjana, di mana ia mengamati para pelukis begitu asyik dengan pekerjaan mereka sehingga mereka lupa waktu dan mengabaikan kebutuhan dasar untuk bertahan hidup yaitu makanan, air, dan tidur. Banyak seniman menggambarkan pengalaman ini dengan menggunakan metafora aliran air, sehingga memunculkan istilah “keadaan aliran”.

Pada tahun 1965, ia memperoleh gelar doktor di bidang psikologi perkembangan positif. Pada tahun 1990, Csikszentmihalyi menerbitkan buku berjudul Flow: The Psychology of Optimal Experience, yang telah diterjemahkan ke lebih dari 20 bahasa.

READ  Rekaman audio 911 menyoroti tenggelamnya koki Obama

Baca juga: Perlombaan Luar Angkasa India-Tiongkok: Ilmuwan Ternama Tiongkok Pertanyakan Klaim Chandrayaan-3 Pendaratan di Bulan di Antartika

Csíkszentmihályi menjadi Profesor Psikologi dan Manajemen Terhormat di Claremont Graduate University, di mana ia mendirikan dan memimpin Pusat Penelitian Kualitas Hidup. Dia adalah Anggota Akademi Seni dan Sains Amerika dan telah dianugerahi berbagai penghargaan bergengsi seperti Clifton Strengths Award dan Széchenyi Award.

“Berita menggembirakan! Mint sekarang ada di saluran WhatsApp 🚀 Berlanggananlah hari ini dengan mengeklik tautannya dan ikuti terus ide-ide keuangan terkini!” klik disini!