Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ini lagi-lagi AS vs. Tiongkok saat Joe Biden mengakui kemerdekaan dua negara Pasifik |  berita Dunia

Ini lagi-lagi AS vs. Tiongkok saat Joe Biden mengakui kemerdekaan dua negara Pasifik | berita Dunia

Amerika Serikat akan mengakui kemerdekaan dua negara kecil di Pasifik, Kepulauan Cook dan Niue, kata Presiden Joe Biden, membenarkan pengumuman para pejabat sebelumnya. Berbicara menjelang pertemuan puncak dengan para pemimpin Kepulauan Pasifik minggu ini, Joe Biden mengatakan AS memiliki sejarah panjang kerja sama dengan Kepulauan Cook, sejak Perang Dunia II. Kemudian Angkatan Darat AS membangun landasan pacu bandara di salah satu gugusan atol tersebut.

Presiden AS Joe Biden berbicara pada KTT Pulau Pasifik AS yang pertama di Departemen Luar Negeri di Washington. (AFP)

“Pengumuman hari ini akan memungkinkan kita memperluas cakupan kemitraan abadi ini seiring kita berupaya menghadapi tantangan-tantangan yang paling penting bagi kehidupan masyarakat kita,” katanya.

Pertemuan Joe Biden dengan para pemimpin kepulauan Pasifik minggu ini adalah bagian dari rencana AS untuk mencegah serangan Tiongkok lebih lanjut ke wilayah strategis yang telah lama dianggap Washington sebagai halaman belakangnya. Gedung Putih mengatakan KTT tersebut akan fokus pada prioritas termasuk perubahan iklim, pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, kesehatan, dan penangkapan ikan ilegal.

Berita menarik! Hindustan Times sekarang ada di saluran WhatsApp Berlangganan hari ini dengan mengklik tautan dan ikuti terus berita terbaru!” klik disini!

Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.

READ  Rusia Klaim Mariupol "Dibebaskan", AS Percepat Bantuan Baru untuk Ukraina