Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jamaat-e-Islami Pakistan Mengumumkan Perayaan Penarikan AS: Laporan | berita Dunia

Ketua Jamaat-e-Islami Siraj al-Haq bulan lalu memuji Taliban karena menyatakan perdamaian, tidak membalas lawan, melindungi diplomat dan orang asing, dan memaafkan lawan.

oleh hindustantimes.com | Oleh Meenakshi Rai, New Delhi

Diposting pada 03 Sep 2021 jam 08:02 IST

Mengutip media lokal di negara tetangga, Pakistan Press Agency melaporkan bahwa pada hari Jumat, Kelompok Islam Pakistan mengumumkan perayaan dan doa di seluruh negeri atas penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Jasarat dan Daily Asas yang dikutip oleh kantor berita ANI mengatakan bahwa umat Islam di seluruh negeri akan merayakan di masjid dan sekolah agama atas permintaan ketua Jamaat-e-Islami.

Presiden Jamaat-e-Islami Sirajul Haq mengatakan bahwa setelah penarikan pasukan Amerika Serikat dan NATO dari Afghanistan, tanggung jawab Afghanistan Taliban Itu meningkat ketika negara itu berubah menjadi struktur bobrok setelah perang yang panjang. Siraj al-Haq dikutip mengatakan, “Unsur-unsur konspirasi ingin mengembalikan Afghanistan yang hancur ke perang saudara, tapi saya yakin mereka akan gagal, puji Tuhan Yang Maha Kuasa.”

Baca juga | Saat Taliban Mendekati Pembentukan Pemerintah, Wanita Afghanistan Memprotes Hak Mereka

Pada bulan Agustus, Siraj-ul-Haq dilaporkan telah mengatakan bahwa “pengambilalihan secara damai” Kabul oleh Taliban sebenarnya merupakan kekalahan bagi Amerika Serikat dan kemenangan bagi rakyat Afghanistan dan dunia Muslim. Menurut The News International, Siraj-ul-Haq memuji deklarasi perdamaian Taliban, non-pembalasan terhadap lawan, perlindungan diplomat dan orang asing, dan pengampunan lawan.

Menurut laporan, Taliban diperkirakan akan membentuk pemerintahan paling cepat hari Jumat. Pengumuman pemerintahan baru dapat dilakukan setelah salat Jumat, AFP melaporkan, mengutip orang-orang yang mengetahui perkembangan tersebut.

Baca juga | Sebuah jajak pendapat menunjukkan bahwa peringkat Biden berada pada level terendah setelah penarikan dari Afghanistan

READ  India Bahas Gelembung Udara dengan Arab Saudi: Pemerintah | berita terbaru india

Taliban menguasai negara yang dilanda perang tahun ini, merebut daerah pedesaan dan kota-kota dan akhirnya merebut Kabul pada 15 Agustus ketika pemerintah Afghanistan jatuh tak lama setelah Presiden Ashraf Ghani meninggalkan negara itu. Pasukan AS meninggalkan Afghanistan pada Selasa pagi, menandai akhir dari jalan keluar yang kacau dan kacau dari perang dua dekade AS. Taliban dalam pemeriksaan intensif Mereka juga berjanji untuk memerintah Afghanistan dengan toleransi yang lebih besar, terutama yang berkaitan dengan hak-hak perempuan.

Kelompok Islam ini dibentuk pada tahun 1941 di bawah pimpinan Maulana Abu Allah Al-Madudi dan bermarkas di Lahore. Kelompok ini dibagi menjadi tiga organisasi independen terpisah yang berbasis di India, Pakistan dan Bangladesh, masing-masing setelah pemisahan.

Di dekat