Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jumat Agung 2024: Pelajari tentang tanggal, sejarah dan pentingnya hari raya umat Kristiani

Jumat Agung 2024: Pelajari tentang tanggal, sejarah dan pentingnya hari raya umat Kristiani

Jumat Agung adalah hari raya umat Kristiani untuk memperingati penyaliban dan kematian Yesus Kristus di Golgota. Ini juga dikenal sebagai Jumat Suci, Jumat Agung, atau Jumat Hitam.

Dirayakan pada Pekan Suci sebagai bagian dari Triduum Paskah, Jumat Agung adalah hari duka, tobat, dan puasa.

Triduum Paskah adalah periode tiga hari yang dimulai dengan Kamis Putih (Perjamuan Terakhir Yesus Kristus), mencapai puncaknya pada Malam Paskah, dan diakhiri dengan doa malam pada Minggu Paskah.

Anggota banyak denominasi Kristen, termasuk Katolik dan Ortodoksi Timur, merayakan Jumat Agung dengan puasa dan kebaktian gereja.

“Layanan Siksaan Besar Tiga Jam” berlangsung dari siang hingga jam 3 sore, periode waktu yang Alkitab catat sebagai kegelapan yang menutupi bumi selama kematian Yesus sebagai korban di kayu salib.

Jumat Agung 2024: tanggal

Secara historis, Jumat Agung jatuh antara tanggal 20 Maret dan 23 April. Tahun ini, Jumat Agung akan diperingati pada tanggal 29 Maret (Jumat).

Tanggal Jumat Agung

Pada hari Jumat Agung, tentara Romawi menyalib Yesus Kristus atas tuduhan penistaan ​​​​agama dari para pemimpin agama. Menurut catatan Alkitab, kematiannya merupakan pengorbanan yang dimaksudkan untuk menghapus dosa dan memungkinkan para pengikutnya untuk kembali memasuki hubungan dengan Allah Bapanya.

Mengapa penyaliban Yesus Kristus disebut “Jumat Agung”?

Bagi umat Kristiani, penyaliban Yesus Kristus melambangkan pengorbanan terbesar yang dilakukan demi pengampunan dosa umat manusia.

Kematiannya diyakini memberi kesempatan kepada orang-orang beriman untuk memperoleh kehidupan kekal, membuka jalan bagi keselamatan dan rekonsiliasi antara Tuhan dan umat manusia.

Hal-hal yang harus dilakukan pada hari Jumat Agung:

  • Bangun pagi pada hari Jumat Agung dan bersiap untuk hari pengorbanan.
  • Disarankan untuk memakai pakaian berwarna hitam sebagai simbol duka.
  • Karena ini adalah hari berkabung, cobalah membatasi konsumsi TV, telepon, dan media sosial.
  • Sebagaimana diwajibkan oleh Gereja, jalankan hari puasa dan pantang.
  • Menghadiri Sholat Jumat Agung.
  • Dalam “Tiga Jam Siksaan Besar,” dari siang hingga pukul 15.00, dia tetap diam.
  • Konsekrasikan Salib Suci di rumah Anda atau di gereja
READ  Arab Saudi dan Kanada mengakhiri perselisihan hak asasi manusia mereka pada tahun 2018; untuk memulihkan hubungan | berita Dunia

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin bermanfaat hingga pelacakan inventaris waktu nyata, berita terhangat, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan satu klik! Masuk sekarang!