Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kamala Harris memulai tur Asia Tenggaranya seminggu setelah jatuhnya Kabul | berita Dunia

Wakil Presiden AS Kamala Harris mendarat di Singapura pada hari Minggu untuk memulai tur Asia Tenggaranya. Tur Asia Harris datang seminggu setelah jatuhnya Kabul ke tangan Taliban dan penarikan AS dari Afghanistan dalam waktu dekat. Kunjungan Harris diharapkan dapat mengembalikan fokus dalam menghadapi China ketika kritik terhadap kebijakan Amerika terhadap Afghanistan meningkat di dalam dan luar negeri, Wall Street Journal melaporkan 20 Agustus.

Rencana perjalanan Harris mencakup pemberhentian di Singapura dan Vietnam, di mana dia akan bertemu dengan para pemimpin politik dan berusaha menghilangkan kekhawatiran tentang keandalan Amerika sebagai sekutu. “Wakil presiden akan menjelaskan selama perjalanan bahwa kami memiliki komitmen abadi di kawasan itu,” kata seorang pejabat senior AS kepada AFP.

Harris akan memulai tur resminya di Singapura mulai Senin, dan dijadwalkan mengunjungi Hanoi pada Selasa, menjadi Wakil Presiden AS pertama yang mengunjungi negara itu. Saat berada di Singapura, Harris akan bertemu dengan presiden dan perdana menteri negara pulau itu dan singgah di Pangkalan Angkatan Laut Changi, di mana dia akan berbicara dengan para pelaut Amerika di atas kapal USS Tulsa yang sedang berkunjung. Harris yang merupakan warga Amerika keturunan India kali ini tidak akan mengunjungi negara asalnya India.

Baca juga: Kecepatan kemajuan Taliban mengejutkan negara-negara saat Amerika Serikat bergegas menerbangkan staf kedutaan

Rencananya untuk mengunjungi Vietnam menarik perbandingan antara penarikan AS dari Afghanistan dan Saigon pada tahun 1975, ketika helikopter AS melakukan penyelamatan menit terakhir dari atap ketika pasukan maju dari Front Pembebasan Nasional Vietnam Selatan.

Kritikus menyebut rencana evakuasi AS di Afghanistan “Saigon lain,” dan menyebut Harris tuli. Namun, pejabat AS mengatakan kepada AFP bahwa perjalanan ini direncanakan jauh sebelum situasi memanas di Afghanistan, dan Harris berfokus pada tujuan strategis Washington yang lebih luas di Asia.

READ  Segmen rudal China turun kembali ke Bumi, jatuh di dekat Maladewa