Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kampanye vaksinasi Covid-19 melanda saat negara bagian kehabisan stok | berita terbaru india

Kekurangan vaksin Covid-19 yang parah telah melumpuhkan kampanye vaksinasi di banyak negara bagian, dengan data pemerintah menunjukkan penurunan rata-rata vaksinasi harian sejak 21 Juni – ketika kampanye dibuka untuk semua orang yang berusia di atas 18 tahun.

Menurut data yang tersedia di platform CoWin pusat, 1,33 juta dosis diberikan pada hari Minggu, terendah sejak 30 Mei ketika 1,11 juta dosis diberikan. Jumlahnya naik menjadi 4,04 juta pada pukul 10 malam pada hari Senin. 6,21 juta dosis vaksin Covid-19 diberikan setiap hari pada minggu terakhir Juni yang turun menjadi 4,18 juta dalam beberapa hari pertama Juli. Antara 5 dan 11 Juli, dosis vaksin harian rata-rata turun menjadi 3,50 juta dosis.

Vaksinasi harian di negara itu mencapai puncaknya pada 21 Juni, pada 8,87 juta, ketika Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan fase baru mempopulerkan vaksin Covid-19.

Pada hari Senin, Departemen Kesehatan mengatakan lebih dari 15,4 juta dosis vaksin Covid-19 yang seimbang dan kurang dimanfaatkan tetap tersedia di negara bagian, UT, dan rumah sakit swasta untuk diberikan.

“Biasanya, lebih sedikit vaksinasi yang dilaporkan pada hari Minggu ketika lebih sedikit tempat vaksinasi yang beroperasi,” kata seorang pejabat kementerian kesehatan, yang menolak disebutkan namanya.

India sejauh ini telah memberikan 376,29 juta dosis kepada 303,01 juta orang sejak 16 Januari 2021, ketika kampanye vaksinasi Covid-19 nasional diluncurkan.

“Kami sedang bersiap untuk memberikan hampir 10 juta dosis dalam satu hari pada Agustus,” kata Dr NK Arora, ketua kelompok kerja vaksin Covid-19, pada Juni.

Di Delhi, pejabat pemerintah mengatakan stok Kofishield di ibukota nasional sudah habis dan beberapa vaksin kemungkinan akan tetap ditutup pada hari Selasa. “Mengapa program vaksinasi di negara kita goyah bahkan setelah beberapa hari?” Wakil Ketua Menteri Delhi Manish Sisodia mentweet.

READ  Amerika Serikat mencabut mandat masker internalnya bagi orang-orang yang telah divaksinasi

Menteri Kesehatan Maharashtra Rajesh Tope mengatakan kepada kantor berita PTI bahwa negara memiliki kapasitas untuk memvaksinasi 1,5 juta orang per hari, tetapi sejauh ini, hanya 200.000 hingga 300.000 orang yang divaksinasi karena kekurangan stok. Di Odisha, kampanye telah dihentikan di 24 dari 30 distrik karena menteri kesehatan negara bagian PK Mohapatra mengatakan pengiriman vaksin Kofishield berikutnya diperkirakan akan tiba pada 15 Juli.

Petugas Imunisasi Madhya Pradesh Santosh Shukla telah mengeluarkan perintah yang menyatakan bahwa negara bagian telah kehabisan vaksin dan tidak ada mengemudi yang akan dilakukan pada hari Senin dan Rabu (hari vaksinasi). “Kami telah menerima dosis secara teratur, tetapi pasokan dari produsen terbatas,” kata Viswas Sarang, menteri pendidikan kedokteran negara bagian itu.

Siddharth Mahajan, menteri kesehatan Rajasthan, mengatakan negara bagian hanya menerima 3,163 juta dosis vaksin, dengan rata-rata 0,175 juta dosis, antara 21 Juni dan 8 Juli. pada hari Minggu. Bihar juga mencatat tingkat vaksinasi terendah pada hari Minggu setelah hanya memberikan 18.064 dosis.

“Tingkat vaksinasi saat ini di India 3 hingga 4 juta per hari tidak cukup baik,” mantan Wakil Presiden Niti Aayog Arvind Panajaria tweeted pada hari Senin.