Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lars Thorsen anti-Islam radikal Norwegia jatuh setelah membakar salinan Al-Qur’an

Polisi mengatakan lima penumpang kendaraan mengalami luka ringan, dan satu membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Oslo, Norwegia:

Pemimpin kelompok ekstremis anti-Islam Norwegia menjadi sasaran perburuan spektakuler dan kecelakaan mobil pada hari Sabtu, beberapa menit setelah sebuah Quran dibakar di pinggiran Oslo.

Polisi Norwegia mengatakan mereka telah menangkap dua orang, termasuk seorang pengendara motor yang dituduh sengaja menabrak SUV Lars Thorsen, pemimpin kelompok “Hentikan Islamisasi Norwegia” (Sian).

Polisi mengatakan lima penumpang kendaraan mengalami luka ringan, dan satu membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Sebuah video yang diposting di Facebook menunjukkan Thorsen dan aktivis lainnya mengemudi untuk pertama kalinya ke Mortensrud, pinggiran Oslo yang memiliki komunitas Muslim yang besar.

Kemudian beberapa aktivis meletakkan Alquran yang terbakar di tengah persimpangan kecil, dan pada awalnya berhasil menangkis warga yang mencoba memadamkan api.

Kerumunan yang marah berkumpul, termasuk seorang wanita yang mengambil buku yang terbakar sebelum naik ke Mercedes abu-abu.

Kemudian SUV aktivis anti-Islam yang dicat dengan dekorasi kamuflase itu pergi. Tapi beberapa detik kemudian, mobil itu disalip oleh Mercedes, yang pertama menabraknya dengan lembut dan kemudian menabraknya dengan cepat, dan membalikkan mobil.

Seluruh episode difilmkan oleh seseorang di mobil berikutnya.

Insiden itu terjadi seminggu setelah seorang pria bersenjata menewaskan dua orang dan melukai 21 lainnya di Oslo tengah.

Badan intelijen domestik Norwegia menggambarkan serangan itu sebagai “tindakan teroris Islam”.

Aktivis sayap kanan Skandinavia telah mendedikasikan pembakaran Quran di lingkungan berpenduduk Muslim dalam beberapa tahun terakhir.

(Kisah ini belum diedit oleh kru NDTV dan dibuat secara otomatis dari umpan bersama.)