Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lihatlah apa yang dilihat oleh Lunar Reconnaissance Orbiter NASA yang melaju kencang ke orbit mengelilingi Bulan

Lihatlah apa yang dilihat oleh Lunar Reconnaissance Orbiter NASA yang melaju kencang ke orbit mengelilingi Bulan

Identitas objek yang melaju kencang yang ditangkap dalam gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Lunar Reconnaissance Orbiter milik NASA bulan lalu kini telah terungkap, menurut pejabat di badan antariksa AS.

Objek memanjang yang tampak tidak biasa ini terlihat oleh kamera sudut sempit di atas Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) saat melewati permukaan bulan antara tanggal 5 dan 6 Maret 2004.

Kini, para pejabat NASA telah melakukan hal itu membuka Identitas objek yang tampak aneh dan alasan kemunculannya yang aneh pada gambar yang diperoleh LRO bulan lalu.

Kendaraan pengintai bulan
Objek tersebut difoto dengan kamera sudut sempit di pesawat ruang angkasa Lunar Reconnaissance Orbiter bulan lalu (Sumber gambar: NASA/Goddard/Arizona State University).

Pada tahun 2022, Korea Aerospace Research Institute (KARI) meluncurkan pesawat ruang angkasa orbitalnya sendiri Pesawat luar angkasa Lunar Pathfinder Korea (KPLO), pada 4 Agustus dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral. KPLO, juga dikenal sebagai Danuri, menandai misi resmi pertama yang diluncurkan oleh Korea Selatan, yang akan menempatkan pesawat ruang angkasa tersebut di orbit bulan selama satu tahun.

Selama misinya, Danori akan menggunakan serangkaian instrumen ilmiah buatan Korea Selatan, serta satu instrumen buatan Amerika Serikat, untuk melakukan beberapa eksperimen yang akan mempelajari lingkungan bulan, serta membantu mendemonstrasikan “internet bulan” dan mengidentifikasi lokasi pendaratan potensial di masa depan.

Bekerja dalam orbit yang hampir paralel, bulan lalu KPLO dan LRO melintas dalam arah yang berlawanan, sehingga LRO dapat menangkap gambar pesawat ruang angkasa Korea Selatan saat melintas.

Karena arah lintasannya yang berlawanan dan kecepatan setiap pengorbit bulan bergerak dalam orbitnya masing-masing (diperkirakan sekitar 7.200 mil, atau 1.500 kilometer per jam), Danori tampak memanjang, membuatnya tampak sepuluh kali lipat ukuran sebenarnya. Ukurannya, meskipun waktu eksposurnya singkat, hanya 0,338ms yang digunakan oleh kamera LRO sudut sempit.

READ  SpaceX mencapai hampir 6.000 satelit Starlink ke orbit setelah peluncuran Falcon 9 dari Cape Canaveral - Spaceflight Now

Menurut tim operasi LRO yang berbasis di Goddard Space Flight Center di Maryland, kecepatan perjalanan yang tinggi antara LRO dan Danori berarti diperlukan waktu yang tepat bagi tim NASA untuk dapat menangkap gambar pesawat ruang angkasa Korea Selatan.

Kendaraan pengintai bulanKendaraan pengintai bulan
KPLO tampak hampir 10 kali ukuran sebenarnya dalam gambar yang diperoleh Lunar Reconnaissance Orbiter NASA pada Maret 2024 (Sumber gambar: NASA/Goddard/Arizona State University).

Gambar yang diperoleh NASA pada bulan Maret bukanlah pertama kalinya salah satu pesawat ruang angkasa ini memperoleh gambar pesawat lainnya. April lalu, KPLO berhasil memperoleh gambar LRO menggunakan kamera ShadowCam miliknya, yang disediakan NASA untuk misi pengorbit Korea Selatan.

LROLRO
LRO NASA, dilihat dari KPLO pada April 2023 (Kredit: NASA/KARI/Arizona State University).

Danori memiliki bentuk kotak konvensional dengan sepasang sayap panel surya dan antena parabola, serta mengandalkan sistem propulsi tunggal yang mencakup empat pendorong 30N, yang membantunya mencapai manuver orbit, dan tambahan empat pendorong pengontrol sikap 5N.

Meskipun dirancang untuk beroperasi hanya selama satu tahun, KPLO, seperti LRO, dapat memasuki fase yang diperpanjang, di mana ia turun ke posisi yang lebih rendah di orbit, menempatkannya hanya 70 km di atas permukaan bulan.


Tianwen 1Tianwen 1



Selain LRO dan KPLO, setidaknya ada sepuluh lainnya Objek yang saat ini diketahui mengorbit BulanBeberapa di antaranya kini sudah tidak ada lagi.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Misi KPLO ada di sini. Sementara itu, rincian tambahan dapat ditemukan tentang pengumpulan gambar dan data berharga LRO tentang permukaan bulan Halaman resmi Lunar Reconnaissance Orbiter NASA.

Micah Hanks adalah pemimpin redaksi dan salah satu pendiri The Debrief. Beliau dapat dihubungi melalui email di [email protected]. Ikuti karyanya di micahhanks.com Dan yang kesepuluh: @mikahanks.