Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lolosnya drone Ukraina secara dramatis dari dua helikopter mematikan Rusia

Lolosnya drone Ukraina secara dramatis dari dua helikopter mematikan Rusia

Drone Ukraina dikejar oleh jet tempur Rusia.

Dua helikopter tempur Rusia dan satu drone Ukraina dikejar di wilayah pendudukan Krimea. Video pengejaran dramatis tersebut diposting oleh Badan Intelijen Pertahanan Ukraina (DIU) di X (sebelumnya Twitter) dan platform media sosial lainnya. Media lokal seperti kantor berita RBC-Ukraina mengatakan pesawat tak berawak itu tidak terluka dan kembali ke pangkalan tanpa cedera. Video yang ditangkap oleh kamera drone menunjukkan sebuah helikopter mengejar aset militer Ukraina dan menghilang dari layar setelah beberapa waktu.

“Dua helikopter musuh dan sebuah pesawat gagal menembak jatuh drone Ukraina selama pengejaran yang lama,” kata DIU dalam postingan X-nya.

Menurut Direktorat Utama Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina, drone tersebut terbang di kawasan Tanjung Tarkhankut saat Rusia mengirimkan pesawat dan helikopternya.

Pernyataan tersebut mengutip operator drone yang mengatakan bahwa pertemuan itu adalah “tangan yang terpelintir”.

Ini terjadi pada hari ketika pertahanan udara Rusia menghancurkan sebuah drone yang mendekati Moskow. “Tidak ada korban luka atau kerusakan, menurut laporan awal. Layanan darurat berada di lokasi kejadian,” tulis Wali Kota Sergey Sobyanin di Telegram.

Moskow telah dilanda rentetan serangan pesawat tak berawak Ukraina dalam beberapa pekan terakhir setelah Kiev berjanji pada bulan Juli untuk “mengembalikan” konflik tersebut ke Rusia.

Pada hari Kamis, pertahanan udara di distrik Voskresensky, sekitar 60 km dari Moskow, menghancurkan sebuah drone Ukraina yang mendekati ibu kota.

Pertahanan udara juga menghancurkan sebuah drone yang mendekati Moskow pada hari Senin, selain dua pesawat lainnya di wilayah Bryansk yang berbatasan dengan Ukraina.

READ  Saham AS naik, minyak turun saat NATO bertemu di Ukraina Oleh Reuters