Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Makhluk tertua di Bumi berasal dari bebatuan Welsh

Makhluk tertua di Bumi berasal dari bebatuan Welsh

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut,

Investigasi terhadap fosil yang pertama kali ditemukan di Carmarthenshire pada tahun 1970an telah mengungkap jejak organisme yang berasal dari 564 juta tahun yang lalu.

Batuan Welsh telah mengungkap rincian tentang beberapa makhluk pertama di Bumi.

Fosil yang pertama kali ditemukan di Carmarthenshire pada tahun 1970-an mengungkapkan jejak organisme yang kini berusia 564 juta tahun.

Invertebrata purba berbentuk cakram kemungkinan besar hidup di perairan dangkal di sepanjang pantai pulau vulkanik.

Organisme tersebut, yang terlalu primitif untuk disebut sebagai hewan, “sangat berbeda dari bentuk kehidupan lainnya,” kata para peneliti.

Hasil penelitian yang memakan waktu puluhan tahun untuk diselesaikan ini dipublikasikan dalam Jurnal Ilmiah Masyarakat Geologi.

Fosil tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1977 di sebuah tambang dekat desa Llangenog, Carmarthenshire, oleh Profesor John Cope.

Sumber gambar, Profesor John Cobb

Komentari foto tersebut,

Ditemukan bahwa fosil tersebut mengandung jejak organisme purba

Benda-benda tersebut dengan cepat dikenali sebagai benda-benda tua dan sangat penting, namun Profesor Cope mengatakan dia telah menunggu puluhan tahun untuk mengetahui usia pastinya, sehingga menghambat penelitian lebih lanjut.

Pencapaian tersebut diraih ketika metode pengukuran peluruhan radioaktif mampu menentukan umur fosil hingga 564 juta tahun lalu, plus minus 700 ribu tahun.

Itu berasal dari periode Ediacaran, ketika organisme multiseluler pertama – yaitu organisme yang terdiri dari banyak sel – ada di Bumi.

“Kami tidak tahu apa itu”

Profesor Cope, dari Swansea, mengatakan tentang organisme tersebut: “Mereka multiseluler tetapi kita tidak tahu apa itu. Mereka sama sekali tidak seperti bentuk kehidupan lainnya.”

“Kami sudah lama mengetahui bahwa fosil-fosil ini adalah yang tertua di Wales, dan kemudian pada tahun 2000, seorang ilmuwan yang bekerja di Newfoundland pada fosil serupa mengamati fosil-fosil tersebut dan berkata 'mereka sangat cocok'.”

Selama periode Ediacaran, Wales adalah bagian dari benua kecil yang oleh ahli geologi disebut Avalonia.

Newfoundland, di Kanada, adalah wilayah tetangga.

Selama ratusan juta tahun, terciptanya Samudera Atlantik yang memisahkan Wales dan Newfoundland bagian timur yang terpisah ribuan mil.

Terobosan dalam penanggalan fosil ini berkat karya penulis utama makalah ini, mahasiswa PhD kelahiran Pembrokeshire, Tony Clarke, yang sedang mengerjakan penanggalan radiometrik di Curtin University di Perth, Australia Barat.

Mr Clarke juga menentukan tanggal beberapa batu yang menjadi megalit Stonehenge.

Sebagai salah satu penulis makalah ini, Profesor Cope, mantan peneliti di Universitas Cardiff dan sekarang menjadi rekan peneliti di Universitas Bristol, mengatakan bahwa penelitian ini merupakan terobosan besar.

“Teknik kencan telah meningkat pesat selama bertahun-tahun dan sekarang sangat akurat,” tambahnya.

Fosil Llangynog disimpan di Museum Nasional Wales di Cardiff.

READ  Wabah pneumonia di Tiongkok: Apa yang kita ketahui tentang wabah penyakit pernafasan yang 'luar biasa' di rumah sakit