Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Metaverse: Internet Masa Depan Sedang Berbentuk

Penulis tamu kami tentang berbagai aspek metaverse dan pentingnya fenomena metaverse bagi investor.

Ada banyak pembicaraan tentang metaverse dalam beberapa hari dan minggu terakhir. Puncaknya tercapai minggu lalu: Facebook akhirnya mengambil alih metaverse dengan mengubah namanya menjadi “Meta”. Tetapi perusahaan lain seperti platform game online Roblox menggunakan istilah yang meningkat dalam panggilan konferensi analis terbaru mereka. Antusiasme untuk topik ini berasal dari fakta bahwa metaverse muncul sebagai evolusi Internet saat ini dan menawarkan banyak peluang bagi bisnis dan investor.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan metaverses atau metaverses? Metaverse menampilkan banyak fungsi utama, termasuk persistensi real-time dalam arti ketahanan, beragam sistem dan komunitas ekonomi, avatar digital, dan aksesibilitas lintas perangkat. Meskipun sudah ada versi awal Metaverse yang memberi investor gambaran sekilas tentang potensinya yang sangat besar, Metaverse yang sukses di masa depan diharapkan menawarkan platform terdesentralisasi dengan arsitektur terbuka yang dapat diakses melalui headset realitas virtual berbasis teknologi blockchain. Jika konsep tersebut berhasil, seharusnya membuka pasar baru bagi triliunan perusahaan dari berbagai bidang seperti media sosial, video game, e-commerce, dan blockchain.

Internet vs. Metaversum

Di internet saat ini, kita sering mengakses platform digital yang berbeda karena mereka memberi kita beragam pengalaman dan peluang di dunia fisik. Kami membeli barang dagangan dari Amazon yang dikirim ke rumah kami, kami membagikan foto dari makan malam terakhir kami di Instagram atau kami membeli tiket konser secara online. Di metaverse, platform digital akan membuka lebih banyak pengalaman dan kemungkinan yang lebih luas di dunia virtual: bekerja, bermain video game, membeli barang digital, terhubung dengan teman dan mengonsumsi media – semuanya saat berada di metaverse itu sendiri.

READ  Google Play tanpa file APK. Program baru hanya dalam format AAB

Agar pengguna dapat berpartisipasi, yang mereka butuhkan hanyalah titik masuk, baik itu perangkat VR, smartphone atau PC, dan koneksi internet. Dapat diasumsikan bahwa pengguna akan menemukan ekonomi operasi dalam platform Metaversum paling populer di mana mereka dapat membelanjakan atau menghasilkan uang. Banyak yang akan melihat metaverse sebagai ruang untuk hiburan dan hiburan, sejauh platform ini akan mendapat manfaat dari efek jaringan, karena lebih banyak pengguna mengarah ke pengalaman digital yang lebih kaya dan dengan demikian menarik lebih banyak pengguna seperti keluarga, teman, dan kenalan.

Aplikasi pertama menunjukkan potensi

Beberapa contoh menunjukkan bahwa metaverse bukanlah ide futuristik: Fortnite dari Epic Games menyelenggarakan konser virtual dengan Ariana Grande dan Travis Scott, di mana pengguna membagikan avatar digital mereka. Keberhasilan acara ini sangat mengesankan dan menarik jutaan penggemar, jauh melebihi jumlah peserta di konser tradisional.

Contoh lainnya adalah game multiplayer online “Adopt me!” dari Roblox, yang memiliki rata-rata 6,2 miliar kunjungan setiap tahun sejak diluncurkan pada Juli 2017. Pada Agustus 2021, Facebook juga mengambil langkah besar ke metaverse ketika memperkenalkan “Horizon Workrooms” – ruang rapat virtual tempat karyawan dapat berinteraksi satu sama lain dalam bentuk avatar digital. Headset Oculus VR dan unduhan aplikasi gratis diperlukan untuk memasuki ruang kerja.

Metaverse masa depan kemungkinan akan berada dalam arsitektur terbuka

Perusahaan saat ini terutama memberikan pengalaman Metaversum mereka melalui sistem arsitektur tertutup, yang berarti bahwa perangkat lunak dan/atau perangkat keras mereka tidak kompatibel dengan platform lain. Namun, dapat diasumsikan bahwa platform Metaversum yang paling sukses akan berkembang menuju arsitektur yang lebih terbuka yang memungkinkan semua (atau setidaknya banyak) pihak – pengguna, pengembang, dan perusahaan – untuk berpartisipasi secara setara. Sudah ada metaverse yang sudah dibuka hari ini dengan desentralisasi, yang dibangun di atas blockchain Ethereum dan memberi anggota komunitas kesempatan untuk membuat, bereksperimen, dan memonetisasi konten dan aplikasi. Tidak seperti dunia maya dan jejaring sosial lainnya, tidak ada aktor tunggal yang memiliki kekuatan untuk mengubah program, negara, atau aturan mata uang Decentraland.

READ  Bercerita tidak sepenuhnya linier

Banyak tema subversif bersatu

Metaverse masih dalam masa pertumbuhan, tetapi infrastruktur sedang dibangun sepotong demi sepotong, dan sikap sosial berubah, jadi kita akan segera mengalami evolusi Internet yang disebutkan di atas. Meskipun akan memakan waktu beberapa tahun lagi untuk pengalaman Metaverse yang penuh dan realistis untuk ada di mana-mana, peluang investasi sudah muncul di berbagai bidang termasuk media sosial, video game, e-commerce, dan blockchain.

Peluang fokus pada perusahaan dari media sosial dan sektor video game, yang menggunakan basis pengguna yang besar, platform pengembang, bereksperimen dengan acara digital langsung dan perangkat keras modern untuk meletakkan dasar bagi metaverse. Selain itu, perusahaan e-commerce berkinerja tinggi akan mendapat manfaat dari saluran dan kemampuan distribusi baru, sementara perusahaan blockchain akan memainkan peran penting dalam menyediakan infrastruktur keuangan yang mendukung ekonomi metaverse. Secara umum, kami mengasumsikan satu triliun perusahaan potensial sedang membangun metaverse dan bergerak di dalamnya.

Investor juga bisa mendapatkan keuntungan dari pendekatan investasi tematik. Tantangan sekaligus peluang besar adalah metaverse menyatukan berbagai tema disruptive investment menjadi satu. Investor harus mencerminkan ini dalam portofolio mereka agar berhasil.