Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Michael Cohen mengatakan dia diminta untuk ‘sewenang-wenang’ meningkatkan nilai aset Trump

Michael Cohen mengatakan dia diminta untuk ‘sewenang-wenang’ meningkatkan nilai aset Trump

Dalam pertarungan di ruang sidang yang berlangsung selama lima tahun, mediator Donald Trump berubah menjadi musuh Michael Cohen Dia bersaksi pada hari Selasa bahwa dia berupaya untuk meningkatkan nilai aset mantan presiden tersebut ke “berapapun angka yang Trump katakan kepada kita.”

Kolase file ini menunjukkan Presiden Donald Trump dan pengacara Michael Cohen. (AP)

Ini adalah pertarungan tatap muka yang berisiko tinggi dan telah lama ditunggu-tunggu antara Trump dan pengacara yang kini dipecat, yang pernah bersumpah untuk “mengambil tindakan” demi Trump. Cohen berakhir pada akhirnya di penjaraDia menjadi saksi terkemuka melawan mantan bosnya mulai dari pengadilan hingga Kongres.

Kini, Cohen menjadi tokoh kunci dalam gugatan yang diajukan Jaksa Agung New York Letitia James, yang menuduh Trump dan perusahaannya menipu bank, perusahaan asuransi, dan pihak lain dengan memberikan laporan keuangan yang menggelembungkan kekayaannya.

“Tuan Trump menugaskan saya untuk meningkatkan total aset, berdasarkan jumlah yang dia pilih secara sewenang-wenang,” Cohen bersaksi, mengatakan dia dan mantan kepala keuangan Trump Organization Allen Weisselberg Saya bekerja untuk “merekayasa balik berbagai kelas aset yang berbeda, dan meningkatkan aset tersebut, untuk mencapai jumlah yang ditugaskan oleh Trump kepada kami.”

Ketika ditanya tentang nomor tersebut, Cohen menjawab: “Berapa pun nomor yang diberitahukan Trump kepada kami.”

Trump membantah klaim James, dan menolak pernyataan Cohen di luar pengadilan sebagai kata-kata “pembohong yang terbukti” yang menjalani hukuman penjara setelah mengaku bersalah atas penghindaran pajak, berbohong kepada Kongres, dan pelanggaran keuangan kampanye.

“Saya sama sekali tidak khawatir dengan kesaksiannya. Anda lihat catatannya. Dia bukan saksi yang dapat diandalkan,” kata Trump.

Mantan presiden dan calon Partai Republik tahun 2024 secara sukarela datang ke pengadilan untuk mendapatkan kesaksian yang sangat dinanti-nantikan, menghadiri persidangan di Manhattan untuk hari keenam bulan ini. Cohen mengatakan dia sudah lima tahun tidak bertemu Trump.

READ  PM baru Sri Lanka akan menjual maskapai penerbangan, mencetak uang untuk membayar gaji

“Pertemuan yang benar-benar baru,” kata Cohen saat istirahat di pengadilan. Sebelumnya, dia bersikeras di luar pengadilan bahwa “ini bukan tentang Donald Trump versus Michael Cohen atau Michael Cohen versus Donald Trump. “Ini tentang akuntabilitas, jelas dan sederhana.”

Setelah Cohen mengambil sikap dan mulai menjawab pertanyaan tentang kariernya dan hukuman pidananya, Trump sesekali berbisik kepada pengacaranya. Di momen lain, mantan presiden itu sedang mencondongkan tubuh ke depan di kursinya, memperhatikan dengan seksama, atau bersandar ke belakang dengan tangan disilangkan.

Cohen, sementara itu, berpaling dari mantan majikannya, dan terus menatap Jaksa Negara Bagian Colleen Faherty.

Hakim Arthur Engoron Dia sudah memerintah Bahwa Trump dan perusahaannya melakukan penipuan, namun persidangannya masih melibatkan tuduhan konspirasi, penipuan asuransi, dan pemalsuan catatan bisnis.

Trump mengatakan aset-asetnya sebenarnya dinilai terlalu rendah, dan menyatakan bahwa penafian dalam laporan keuangannya meminta penerima manfaat untuk memverifikasi sendiri angka-angka tersebut.

Dia mencemooh kasus ini sebagai sebuah “tipuan”, sebuah “penipuan” dan “kelanjutan dari perburuan penyihir terbesar yang pernah ada.” Mantan presiden tersebut mengatakan kasus ini adalah bagian dari upaya James dan anggota Partai Demokrat lainnya untuk menggagalkan kampanyenya.

Cohen menghabiskan satu dekade sebagai pengacara pribadi Trump yang sangat setia sebelum berpisah dengannya pada tahun 2018 di tengah penyelidikan federal yang mengirim Cohen ke penjara federal. Ia juga menjadi saksi utama dalam kasus pidana uang tutup mulut yang dilakukan Trump di Manhattan, yang dijadwalkan akan disidangkan pada musim semi mendatang.

James memuji Cohen sebagai pendorong penyelidikan sipilnya, yang berujung pada tuntutan hukum dan persidangan penipuan. Laporan tersebut mengutip kesaksian Cohen di hadapan Kongres pada tahun 2019 bahwa Trump memiliki sejarah salah mengartikan nilai aset untuk mendapatkan persyaratan pinjaman dan keuntungan pajak yang menguntungkan.

READ  Gunung Sinai di New York City menutup unit jantung dan stroke di Beth Israel

Cohen memberikan salinan tiga laporan keuangan Trump kepada Komite Pengawasan dan Reformasi DPR. Cohen mengatakan Trump memberikan pernyataannya kepada Deutsche Bank untuk menanyakan tentang pinjaman untuk membeli Buffalo Bills dari NFL dan kepada majalah Forbes untuk memperkuat klaimnya untuk masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Awal bulan ini, Trump menjatuhkan A Gugatan $500 juta menuduh Cohen Didakwa “menyebarkan kebohongan,” menyebabkan “kerusakan serius terhadap reputasi,” dan melanggar perjanjian kerahasiaan untuk berbicara secara terbuka tentang pembayaran rahasia tersebut. Juru bicara Trump mengatakan mantan presiden tersebut hanya menghentikan sementara gugatannya saat berkampanye dan menangani empat kasus pidana, dan akan mengajukannya nanti.

Cohen mengambil sikap setelah William Kelly, pengacara mantan firma akuntansi Trump, Mazars USA. perusahaan Memutuskan hubungan dengan Trump Tahun lalu setelah kantor James mengajukan pertanyaan tentang keandalan laporan keuangannya.

Kelly mengatakan keputusan perusahaan tersebut didasarkan pada tuntutan jaksa agung dan penyelidikan yang dilakukan Mazars, yang mengindikasikan bahwa Weisselberg telah memberikan laporan keuangan yang “dikompromikan”. Mazars mengatakan pihaknya tidak menemukan “inkonsistensi material” dalam data secara keseluruhan.

Pengacara pembela Jesus M. Suarez menyarankan agar kantor akuntan tersebut membuang klien lamanya untuk mendapatkan persetujuan jaksa dan menghindari potensi masalah hukum bagi perusahaan. Namun Kelly bersikeras bahwa “tidak ada bantuan”.

“Itu hanya sekedar menjadi warga korporat yang baik dan menjelaskan apa yang kami lakukan,” katanya.

Pengacara Trump berusaha untuk menunda persidangan pada hari Selasa, dengan alasan bahwa banyaknya kasus virus corona di kantor James telah membahayakan kesehatan mantan presiden tersebut.

Pengacara Trump, Christopher Casey, mengatakan bahwa “sejujurnya tidak bertanggung jawab” jika tidak menunda persidangan. Pengacara pembela lainnya, Alina Haba, keberatan dengan berbagi mikrofon yang “tercemar” dengan anggota Kantor Jaksa Penuntut Umum.

READ  India bungkam tentang masuknya tiga warga negara dalam daftar hitam Ukraina

Kantor James mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah mengambil semua langkah untuk memberi tahu pihak-pihak yang berkepentingan dan mengikuti pedoman kesehatan, menambahkan bahwa pengacara pembela dapat mengenakan masker jika diperlukan. Trump dan para pengacara yang duduk bersamanya di meja pembela tidak memakai masker.

Cerita ini diterbitkan dari feed kantor berita tanpa modifikasi teks. Hanya judulnya saja yang berubah.

Berita menarik! Hindustan Times sekarang ada di saluran WhatsApp Berlangganan hari ini dengan mengklik tautan dan ikuti terus berita terbaru! klik disini!