Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Penarikan Rusia dari Kharkiv dan Peringatan Putin ke Finlandia: Pembaruan tentang perang | berita Dunia

Perang di Ukraina memasuki hari ke-80 ketika pasukan Rusia mulai mundur dari kota timur laut Kharkiv, yang telah dibombardir selama berminggu-minggu.

Institute for the Study of War, sebuah think tank yang berbasis di Washington, mengatakan Ukraina tampaknya telah memenangkan Pertempuran Kharkiv karena mencegah pasukan Rusia mengepung kota, apalagi merebutnya.

Pada hari Sabtu, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov mengatakan negara itu “memasuki fase baru – berlarut-larut – perang,” sehari setelah Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan tidak ada yang bisa memprediksi durasi perang.

Berikut adalah pembaruan yang paling penting:

> Seorang gubernur regional mengatakan, pada hari Sabtu, bahwa tentara Ukraina melancarkan serangan balik di dekat kota Izyum yang dikuasai Rusia. Sebuah laporan kantor berita Reuters mengatakan serangan balik itu bisa menjadi kemunduran serius bagi rencana Rusia untuk mengambil alih seluruh wilayah Donbass.

> Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Sabtu malam bahwa situasi di Donbass tetap sangat sulit, dan menambahkan bahwa pasukan Rusia masih berusaha menunjukkan semacam kemenangan.

> Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan timpalannya dari Finlandia Sauli Niinistö bahwa hubungan antara Rusia dan Finlandia dapat terpengaruh secara negatif jika Finlandia mengajukan keanggotaan dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). “Perubahan dalam kebijakan luar negeri negara tersebut dapat berdampak negatif pada hubungan Rusia-Finlandia, yang telah dibangun dalam semangat bertetangga yang baik dan kemitraan selama bertahun-tahun, dan telah saling menguntungkan,” kata layanan pers Kremlin dalam sebuah pernyataan.

> Reuters melaporkan pada Minggu dini hari bahwa konvoi besar yang membawa pengungsi dari Mariupol tiba di kota Zaporizhia yang dikuasai Ukraina pada Sabtu. Sebelumnya, seorang pembantu walikota Mariupol mengatakan bahwa konvoi terdiri dari 500-1.000 mobil dan merupakan evakuasi tunggal terbesar dari kota itu sejak dimulainya serangan Rusia pada 24 Februari.

READ  Perdana Menteri Modi berbicara dengan Putin selama 45 menit tentang situasi di Afghanistan; Taliban Tunjuk Menteri Keuangan Kabul Gough

> Kerabat tentara Ukraina di pabrik baja Azovstal yang terkepung di Mariupol telah meminta Presiden China Xi Jinping untuk bertindak sebagai mediator dalam pembicaraan dengan Moskow untuk membantu mengevakuasi para tentara dan memberikan jalan yang aman ke negara ketiga.

(dengan masukan agensi)