Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pengadilan Pakistan menolak petisi untuk mengklaim properti Haveli Raj Kapoor di Peshawar |  Film berita Hindi

Pengadilan Pakistan menolak petisi untuk mengklaim properti Haveli Raj Kapoor di Peshawar | Film berita Hindi

Pengadilan Pakistan telah menolak petisi yang mengklaim harta milik aktor Bollywood legendaris itu Raja Kapoor‘S Haveli Di kota bertembok bersejarah di sini di ibu kota provinsi Khyber Pakhtunkhwa, yang dinyatakan sebagai Warisan Nasional oleh pemerintah provinsi pada tahun 2016. Peshawar Hari ini, Kamis, Mahkamah Agung yang terdiri dari dua hakim, Ishtiaq Ibrahim dan Abdul Shakur, menolak kasus harta milik pemohon.
Pengadilan menolak petisi mengingat putusan sebelumnya dari pengadilan yang sama terkait akuisisi aktor legendaris tersebut Dilip KumarHaveli di bazaar Qaisa Khwani yang terkenal di Peshawar, yang telah dinyatakan sebagai warisan nasional oleh pemerintah federal yang dipimpin oleh Perdana Menteri Nawaz Sharif saat itu.

Jaksa Agung tambahan Khyber Pakhtunkhwa mengatakan kepada pengadilan bahwa Kapoor Haveli dinyatakan sebagai warisan nasional oleh departemen barang antik provinsi pada tahun 2016 melalui pemberitahuan.
Mengenai hal ini, Hakim Shakur bertanya kepada Departemen Kepurbakalaan apakah mereka memiliki dokumen atau bukti yang menunjukkan bahwa keluarga Raj Kapoor tinggal di haveli.
Pengacara Sabah Al-Din Khattak, pengacara penggugat, Saeed Muhammad, mengatakan kepada pengadilan bahwa ayah pemohon telah membeli rumah besar tersebut selama lelang pada tahun 1969 setelah penawaran kompetitif, membayar biayanya dan tetap menjadi pemilik absolutnya hingga dimulainya proses akuisisi. . Atas prakarsa pemerintah kabupaten.
Dia lebih lanjut mengklaim bahwa tidak ada dokumen dengan departemen pemerintah kabupaten mana pun untuk membuktikan bahwa mendiang Raj Kapoor dan keluarganya tinggal atau memiliki properti ini.

Namun, pihak berwenang mengatakan kepada pengacara bahwa masalah tersebut harus dibawa ke pengadilan sipil.
Rumah besar itu sekarang dalam kondisi yang sangat bobrok dan pemiliknya saat ini ingin menghancurkan bangunan tersebut dan membuat alun-alun komersial mengingat lokasinya yang utama. Namun, semua gerakan ini dihentikan karena Departemen Kepurbakalaan ingin melestarikan istana tersebut, dengan mempertimbangkan signifikansi sejarahnya.
Rumah leluhur Raj Kapoor, lebih dikenal sebagai Kapoor Haveli, terletak di Bazaar Qaisa Khwani yang terkenal di Peshawar. Dibangun antara tahun 1918 dan 1922 oleh kakek dari aktor legendaris Diwan Baswarnath Kapoor. Raj Kapoor dan pamannya, Trilok Kapoor, lahir di sini.
Rishi Kapoor dan saudaranya Randhir mengunjungi situs tersebut pada 1990-an.

READ  Karnataka melaporkan 5 kasus lagi varian Omicron; penghitungan negara bagian 19