Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Penjelajah Curiosity menangkap pandangan jelas sinar matahari pertama kami di Mars

Penjelajah Curiosity menangkap pandangan jelas sinar matahari pertama kami di Mars

Penjelajah Ketekunan NASA mungkin telah berada di Mars sejak 2021, mengumpulkan sampel batuan dan menemukan petunjuk adanya air, tetapi itu tidak berarti pendahulunya telah pensiun dari penjelajahannya. Faktanya, rover Curiosity telah mengamati awan Mars saat senja untuk melanjutkan survei awan terang di malam hari sebelumnya. Dan pada tanggal 2 Februari, Curiosity Menangkap pemandangan langka di kamera, menjadikannya pertama kalinya kami melihat sinar aurora (atau “sinar matahari”) terlihat dari permukaan Mars.

Awan pada gambar di atas lebih tinggi dari kebanyakan awan Mars, yang terletak sekitar 37 mil di atas permukaan bumi dan terdiri dari air es. Karena awan pada gambar lebih tinggi di tempat yang sangat dingin, NASA mengira awan itu terbuat dari karbon dioksida beku – atau es kering, demikian kami menyebutnya – sebagai gantinya. Badan tersebut mengatakan mengamati awan di Mars dapat membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang kondisi cuaca, suhu, dan angin di Mars.

Untuk survei khusus ini, yang dimulai pada bulan Januari dan akan berakhir pada pertengahan Maret, Curiosity kebanyakan menggunakan Mast Color Camera, atau Mastcam. Peralatan tersebut memungkinkan penjelajah mengambil gambar yang menunjukkan kepada para ilmuwan bagaimana partikel awan bersinar dari waktu ke waktu. Untuk membuat panorama yang Anda lihat di atas, NASA menggabungkan 28 gambar yang diambil oleh Mastcam. Namun, pada tahun 2021, Curiosity sebagian besar mengandalkan kamera navigasi hitam putih yang memberi kami tampilan mendetail pada struktur awan saat bergerak.

Selain tampilan sinar matahari pertama yang terlihat di Mars, wahana ini juga menangkap gambar formasi awan menarik lainnya sejak survei saat ini dimulai. Gambar 27 (di bawah) menunjukkan awan berbentuk bulu berwarna-warni. Rupanya, pergeseran warna yang disebabkan oleh permainan warna memberi tahu para ilmuwan bagaimana awan berevolusi dan bagaimana ukuran partikelnya berubah di seluruh struktur.

READ  Latihan 5 langkah ke belakang dan bisep ini membangun dan memperkuat otot dengan halter

NASA/JPL-Caltech/MSSS