Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perang Ukraina: Serangan udara Rusia menewaskan dua orang saat kapal kargo gandum Ukraina kedua tiba di Turki

Perang Ukraina: Serangan udara Rusia menewaskan dua orang saat kapal kargo gandum Ukraina kedua tiba di Turki

Semua perkembangan terkini dari perang di Ukraina.

Dua orang tewas dan 3 luka-luka dalam serangan udara Rusia di selatan Ukraina – Kiev

iklan

Serangan udara Rusia menewaskan dua orang dan melukai tiga lainnya di wilayah Kherson selatan Ukraina pada hari Minggu, menurut gubernur wilayah tersebut.

Ketika perang memasuki bulan kedua puluh, Gubernur Oleksandr Prokudin mengungkapkan bahwa pasukan Rusia telah menyerang kota Pereslav, menghancurkan sejumlah rumah pribadi.

Dia mengatakan kepada pers bahwa seorang wanita tewas dan tiga lainnya terluka, termasuk seorang petugas polisi.

Serangan udara lainnya juga dikatakan telah menewaskan seorang pria berusia 67 tahun di desa Lvov.

Prokudin tidak merinci jenis senjata yang digunakan dalam penyerangan tersebut.

Komunitas yang terkena dampak berada di bagian wilayah Kherson yang dikuasai Ukraina, di mana Sungai Dnieper yang membelah provinsi tersebut telah menjadi garis pertempuran sejak pasukan Rusia mundur melintasinya pada November 2022 – sebuah kemunduran yang telah meningkatkan moral negara yang diserbu. .

Rusia telah berkumpul kembali di tepi timur sungai dan secara rutin membombardir kota-kota dan desa-desa di seberang sungai, termasuk kota Kherson, ibu kota regional yang mereka duduki pada awal perang namun berhasil direbut kembali oleh pasukan Ukraina lebih dari 10 bulan lalu.

Di Rusia, sebuah pesawat tak berawak Ukraina menghantam sebuah gedung perkantoran di kota Kursk dan menyebabkan kerusakan ringan pada atapnya, kata gubernur regional Roman Starovoit. Tidak ada korban luka yang dilaporkan atau bangunan yang menampungnya disebutkan.

Laporan media yang belum dikonfirmasi di Rusia dan Ukraina mengatakan bahwa ini adalah kantor badan keamanan utama Rusia cabang Kursk, Dinas Keamanan Federal, yang juga dikenal sebagai FSB.

READ  Pejabat tinggi Rusia tidak dapat meninggalkan negara itu sampai perdana menteri mengangguk: lapor | berita Dunia

Wilayah Kursk di Rusia berbatasan dengan Ukraina dan juga sering menjadi sasaran serangan. Serangan drone tersebut terjadi pada Minggu saat warga sedang merayakan hari jadi berdirinya ibu kota daerah tersebut.

Belum ada komentar langsung dari pihak berwenang Ukraina, yang biasanya tidak mengakui tanggung jawab atas serangan di wilayah Rusia.

iklan

Pengiriman gandum Ukraina kedua tiba di Istanbul

Kapal kargo kedua berisi gandum Ukraina telah tiba di Istanbul melalui Laut Hitam, menurut situs kontrol lalu lintas maritim.

Operasi kedatangan tersebut berhasil meskipun ada ancaman Moskow untuk menyerang kapal-kapal yang masuk dan keluar Ukraina.

Arwiat, kapal curah berbendera Palau, meninggalkan Chornomorsk dekat Odessa pada hari Jumat.

Ini hanyalah kapal kedua yang menggunakan koridor laut yang didirikan oleh Kiev, di sepanjang pantai barat Laut Hitam, untuk menghindari blokade Rusia.

iklan

Pada bulan Juli, Moskow menarik diri dari perjanjian internasional yang ditandatangani pada Juli 2022, yang menjamin ekspor produk pertanian Ukraina melalui Laut Hitam.

Perjanjian ini akan memungkinkan ekspor sekitar 33 juta ton biji-bijian dalam satu tahun.

Kapal pertama, yang membawa 3.000 ton gandum dan juga mengibarkan bendera Palau, meninggalkan pelabuhan Chornomorsk tanpa insiden pada hari Selasa sebelum tiba di Istanbul pada hari Kamis.

Kiev ingin membangun jalur pasokan ke Afrika untuk melawan pengaruh Rusia, yang pada musim panas ini berjanji kepada beberapa negara Afrika untuk mengirimkan gandum ke sana secara gratis.

Secara historis, Rusia dan Ukraina merupakan negara dengan kekuatan pertanian besar yang produksinya sangat penting bagi ketahanan pangan global.

iklan

Invasi Rusia terhadap negara tetangganya dan sanksi internasional yang dikenakan terhadap Moskow telah mengganggu stabilitas pasokan dan pasar global.

READ  Negara ini memiliki biaya hidup tertinggi di seluruh Asia. Tingkat inflasi mencapai 25%

Angkatan Bersenjata Ukraina juga telah bekerja selama beberapa minggu untuk melawan kendali militer Rusia di Laut Hitam.

Laporan: Kekurangan bensin di Rusia bukan disebabkan oleh perang

Dalam beberapa minggu terakhir, kemungkinan besar pelanggan Rusia akan menghadapi kekurangan bensin dan solar dalam negeri.

Namun, kecil kemungkinannya bahwa kekurangan tersebut merupakan akibat langsung dari perang. Sebaliknya, hal ini mungkin disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor termasuk peningkatan permintaan jangka pendek dari sektor pertanian, pemeliharaan kilang tahunan pada musim panas, dan harga yang menarik.

Pada 21 September 2023, Rusia menangguhkan hampir seluruh ekspor solar dan bensinnya untuk menstabilkan pasar dalam negerinya.

Langkah ini hampir pasti akan semakin membatasi pasokan di tengah ketatnya pasar global, dan kemungkinan besar akan berdampak paling besar pada negara-negara yang saat ini bergantung pada pasokan bahan bakar Rusia.