Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Peringatan tsunami dikeluarkan di Selandia Baru dan Australia menyusul gempa berkekuatan 7,7 skala Richter

Selandia Baru dan Australia telah mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang wilayah Pasifik pada Rabu, tetapi tidak di Prancis.

Menurut Institut Geofisika Amerika Serikat (USGS), pusatnya berjarak sekitar 400 km tenggara Kepulauan Loyalitas dan 430 km dari Vanuatu.

Gempa tersebut memicu peringatan tsunami dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

“Gelombang berbahaya yang disebabkan oleh gempa ini mungkin terjadi dalam tiga jam ke depan”, Pusat tersebut memperingatkan bahwa gelombang antara 30 sentimeter dan satu meter dapat mencapai beberapa wilayah pesisir Fiji, Selandia Baru, dan Vanuatu.

Segera, pihak berwenang di Australia dan Selandia Baru mengikutinya. Badan Meteorologi Australia telah mengeluarkan peringatan di Twitter tentang bahaya Pulau Lord Howe, 550 kilometer dari Australia.

Sementara itu, Badan Manajemen Darurat Selandia Baru telah memperingatkan orang-orang untuk menargetkan pantai utara Pulau Utara. “Kami memperkirakan wilayah pesisir Selandia Baru akan mengalami arus yang sangat kuat dan air yang naik tak terduga,” kata perusahaan itu.

“Mereka yang berada di laut atau di pantai harus menjauh dari pantai, pantai, pelabuhan, dan taman dan kembali ke pedalaman (di darat)”, Perusahaan Selandia Baru menambahkan.

Pejabat Prancis belum mengeluarkan peringatan. “Gelombang yang diperkirakan tidak boleh melebihi 30 sentimeter,” kata seorang sumber di Kementerian Luar Negeri Prancis kepada AFP. “Tapi jika ini berubah, kami terus memantau kemajuan.” Sebutkan sumbernya.

Menurut sumber ini gempa bumi “Tidak terasa sama sekali di Kaledonia Baru dan Kepulauan Loyalty. Sejauh ini tidak ada kerusakan material.”

USGS awalnya mengumumkan level 7,9, yang kemudian direvisi menjadi 7,5 dan kemudian menjadi 7,7.

Kaledonia Baru terletak 1.500 kilometer di timur Australia di barat daya Samudra Pasifik.

READ  Sejak November 2020 lebih dari setengah juta orang Rumania telah divaksinasi dengan dua dosis dan sejumlah kecil pasien telah didiagnosis dengan ATI.

Daerah tersebut, yang mencakup Kaledonia Baru dan tetangganya Vanuatu, terletak di tempat yang dikenal sebagai “Lingkaran Api Pasifik”, salah satu aktivitas seismik paling intens di planet ini.

Pada September 2018, gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter memicu tsunami yang melanda pulau Sulawesi, Indonesia. Lebih dari 4.300 orang meninggal dan hilang akibat bencana tersebut dan sedikitnya 170.000 orang mengungsi.

Gempa dahsyat lainnya berkekuatan 9,1 skala richter melanda lepas pantai Sumatera pada tahun 2004, menyebabkan tsunami yang menewaskan 220.000 orang di wilayah tersebut, termasuk sekitar 170.000 di Indonesia.