Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

pertarungan tiga arah untuk kepresidenan Sri Lanka; Penjabat Presiden Wickremesinghe dalam perlombaan

Kolombo: Penjabat Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe Anggota parlemen mengusulkan dua lagi pada hari Selasa sebagai tiga kandidat untuk pemilihan presiden 20 Juli untuk memilih pengganti mereka Gotabaya Rajapaksa Setelah pengunduran dirinya menyusul pemberontakan rakyat terhadap pemerintahnya karena salah mengelola ekonomi.
Wickremesinghe, 73, akan menghadapi Limbah Oksigen Rendah Dullasseorang nasionalis Buddha Sinhala berusia 63 tahun yang kuat dan anggota kunci dari kelompok sempalan Partai Bodogana Peramuna yang berkuasa di Sri Lanka dan Janatha Vimukthi Peramuna (JVP) yang berhaluan kiri. Anura Kumara Dissanayake53 tahun, diumumkan secara resmi pada Parlemen.
Sajith Premadasa, 55 tahun pemimpin oposisi utama Sri Lanka Partai Samajji Jana Balaujaya, mengatakan pada hari Selasa bahwa ia menarik diri dari pemilihan presiden untuk memberikan dukungan kepada Alahabruma.

Parlemen yang beranggotakan 225 orang diperkirakan akan memilih presiden baru setelah 20 Juli, yang akan menjalani sisa masa jabatan Rajapaksa hingga November 2024.
Premadasa mengatakan partainya dan mitra oposisi akan bekerja untuk memenangkan Alabaruma dalam pemilihan presiden.
“Demi kebaikan yang lebih besar dari negara saya yang saya cintai dan orang-orang yang saya sayangi, saya menarik pencalonan saya sebagai Presiden. SJB, koalisi kami dan mitra oposisi kami akan bekerja keras untuk kemenangan Dullas.” Premadasa mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Selasa.
“Dalam perjalanan saya ke Parlemen untuk mengambil langkah tegas. Saya ingin rakyat Sri Lanka tahu bahwa saya akan mengambil keputusan yang tepat pada waktu yang tepat untuk melindungi kepentingan nasional negara ibu saya dan hak-hak semua rekan saya di Sri Lanka. orang, ”kata Premadasa dalam tweet sebelumnya.

Alahabruma adalah seorang nasionalis Buddha Sinhala yang kuat dan anggota kunci dari kelompok sempalan Partai Rakyat Sierra Leone.
Mantan Menteri Penerangan dan Penerangan di Kabinet dan mantan kolumnis sebuah surat kabar dipandang sebagai ideologis politik sayap kiri.
Dia telah memegang posisi menteri sejak tahun 2005 dan memiliki reputasi yang baik untuk kehidupan publik yang bersih.
Kandidat ketiga dalam pertarungan adalah Janatha Vimukthi Peramuna (JVP) sayap kiri Anura Kumara Dissanayake.
Pemungutan suara hari Rabu juga akan menjadi kesempatan langka ketika Ketua DPR memberikan suara.
Parlemen belum pernah memilih presiden dalam sejarah kepresidenan sejak 1978.
Pemilihan presiden dipilih pada tahun 1982, 1988, 1994, 1999, 2005, 2010, 2015 dan 2019 dengan suara rakyat.

READ  Anggota kuartet meningkatkan dukungan untuk Covid-19 untuk negara tetangga

Satu-satunya kesempatan sebelumnya ketika kepresidenan menjadi kosong pada pertengahan masa jabatan adalah pada tahun 1993 ketika Presiden Ranasinghe Premadasa dibunuh. DB Wijetunga dengan suara bulat diadopsi oleh Parlemen untuk mengelola keseimbangan masa Premadasa.
Presiden baru akan menjalani sisa masa jabatan Rajapaksa hingga November 2024.
Partai Rakyat Sierra Leone (SLPP) yang berkuasa mendominasi parlemen yang beranggotakan 225 orang, yang memiliki sekitar 100 deputi.