Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Probe ESA yang terikat Jupiter mengenai halangan antena

Probe ESA yang terikat Jupiter mengenai halangan antena

Sementara beberapa menit yang dibutuhkan roket pendorong pesawat ruang angkasa untuk keluar dari gravitasi Bumi mungkin merupakan bentangan misi yang paling berbahaya, ada banyak sekali hal yang masih harus dilalui sebelum siapa pun di Bumi dapat benar-benar bersantai. Ruang adalah tentang tak termaafkan seperti yang dapat Anda bayangkan, dan sekali kerajinan Anda dibuat dengan hati-hati sedang menuju ke hitam, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk membantu jika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana.

Ini adalah persis di mana Badan Antariksa Eropa (ESA) saat ini sedang menemukan dirinya sendiri Dengan pesawat ruang angkasa Jupiter Icy Moons Explorer (Juice). Peluncuran 14 April dari Pusat Antariksa Guyana meledak tanpa hambatan, tetapi ketika antena radar 16 meter (52 kaki) wahana itu diperintahkan untuk dibuka, sesuatu macet. Dilihat dari gambar yang diambil dari kamera terpasang, antena hanya diperpanjang sekitar 1/3 dari total panjangnya.

Tampilan antena terpasang.

Teori saat ini adalah bahwa salah satu pin peluncuran tersangkut di suatu tempat, mencegah antena bergerak lebih jauh. Jika demikian, itu berarti mengocok pin beberapa milimeter akan membuat mereka kembali bermain. Sayangnya, tidak ada untaian beton dengan palu kecil yang disimpan di rover, jadi para insinyur di Bumi harus sedikit lebih kreatif.

Diharapkan bahwa mesin yang terbakar dapat digunakan untuk mengayunkan pesawat, kemungkinan mengeluarkan pin. Mereka juga mempertimbangkan untuk memutar mobil untuk memindahkan dudukan antena masuk dan keluar dari sinar matahari – idenya adalah bahwa beberapa perluasan dan kontraksi komponen logam juga dapat membebaskan semuanya.

Bahkan dalam kasus terburuk, Radar Antenna for Icy Moons Exploration (RIME) hanyalah satu dari sepuluh instrumen yang akan digunakan Juice untuk mempelajari Ganymede, Callisto, dan Europa. Jadi meskipun akan mengecewakan jika mereka tidak bisa mendapatkannya secara online, misi tersebut tetap akan memberikan banyak informasi tentang dunia yang menakjubkan ini.

READ  Ilmuwan temukan fosil dinosaurus 'mati pada hari serangan asteroid' | Dinosaurus

Kemudian lagi, Juice tidak dijadwalkan untuk mencapai Jupiter hingga setidaknya Juli 2031, jadi masih ada banyak waktu untuk mencoba mencari tahu. Lagi pula, itu bukan wahana luar angkasa pertama yang diselamatkan oleh peretasan yang cerdas.