Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rusia menembakkan 84 rudal, menewaskan 10, kata Ukraina;  Pukulan besar, kata Vladimir Putin: 10 poin

Rusia menembakkan 84 rudal, menewaskan 10, kata Ukraina; Pukulan besar, kata Vladimir Putin: 10 poin

Serangan Rusia menghantam beberapa wilayah di Ukraina pada Senin (AFP).

New Delhi:
Serangan balasan massal Rusia di seluruh Ukraina hari ini menewaskan 10 orang dan melukai puluhan lainnya. Ibu kota Ukraina, Kyiv, dilanda beberapa serangan Rusia hari ini – yang pertama sejak akhir Juni.

Inilah lembar contekan 10 poin untuk cerita besar ini

  1. Menurut Perdana Menteri Ukraina Denis Shmygal, 11 “fasilitas infrastruktur penting” rusak di delapan wilayah dan Kiev. “Perlu disiapkan untuk gangguan sementara listrik, air dan komunikasi,” katanya di media sosial.

  2. Militer Ukraina mengatakan Rusia menembakkan 84 rudal jelajah ke arah mereka, dua hari setelah ledakan besar merusak jembatan yang menghubungkan Rusia ke Krimea dalam serangan yang dituduhkan Moskow dilakukan oleh Kyiv.

  3. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan serangkaian serangan menunjukkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin “putus asa untuk kekalahan di medan perang” setelah keuntungan baru-baru ini oleh pasukan Ukraina.

  4. Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev memperingatkan bahwa serangan massal balasan hanya “episode pertama”. “Episode pertama telah diputar. Akan ada episode-episode lainnya,” kata Medvedev, sekarang wakil kepala Dewan Keamanan Rusia, di media sosial.

  5. Ukraina menuduh bahwa Moskow menggunakan drone buatan Iran yang dikirim dari negara tetangga Belarusia sebagai bagian dari beberapa serangan mematikan. “Musuh menggunakan Shahid-136 Iran. UAV [unmanned aerial vehicles] Militer Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook dalam serangan yang diluncurkan dari Belarus “dan Krimea, menambahkan bahwa sembilan drone” “dihancurkan”.

  6. Putin mengatakan serangan itu telah menghancurkan infrastruktur energi Ukraina. “Pagi ini, atas saran Kementerian Pertahanan dan sesuai dengan rencana Staf Umum, serangan besar-besaran dilakukan dengan senjata jarak jauh dan presisi tinggi … pada fasilitas energi, komando militer, dan komunikasi. Ukraina,” kata Putin dalam pertemuannya dengan Dewan Keamanan.

  7. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan serangan Rusia di Ukraina dan terhadap warga sipil menandakan “perubahan besar” dalam perilaku perang. “Serangan yang disengaja yang diluncurkan oleh Rusia di seluruh wilayah Ukraina dan terhadap warga sipil adalah perubahan besar dalam sifat perang ini,” kata Macron kepada wartawan selama perjalanan ke wilayah Maine di Prancis.

  8. Dalam eskalasi terkait lainnya, pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko, sekutu Putin, mengatakan Lithuania, Polandia, dan Ukraina sedang melatih “ekstremis” Belarusia untuk meluncurkan serangan teroris, setelah mengumumkan rencana untuk mengerahkan pasukan gabungan dengan Moskow.

  9. Tiga negara, di antaranya Lithuania dan Polandia adalah anggota Uni Eropa dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), berbatasan dengan Belarus.

  10. Uni Eropa percaya bahwa serangan rudal Rusia terhadap warga sipil di Ukraina “sama dengan tingkat kejahatan perang”, kata juru bicara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell hari ini. “Penargetan sembarangan terhadap orang-orang dalam rentetan rudal yang keji dan pengecut terhadap sasaran sipil sebenarnya merupakan eskalasi lain,” kata juru bicara Peter Stano.

READ  Maryam Nawaz dari partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz dilantik sebagai Perdana Menteri Punjab, menjadi wanita pertama yang memegang posisi Perdana Menteri di provinsi Pakistan.

Dengan masukan dari AFP