Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sampel asteroid OSIRIS-REx NASA kembali ke Bumi: Pembaruan langsung

Sampel asteroid OSIRIS-REx NASA kembali ke Bumi: Pembaruan langsung

Menyegarkan

OSIRIS-REx melakukan manuver terakhir sebelum mengirimkan sampel pada 24 September

Wahana OSIRIS-REx milik NASA berada di jalur yang tepat untuk mencapai pengiriman bersejarah.

Pesawat ruang angkasa tersebut melakukan manuver koreksi jalur terakhir pada hari Minggu (17 September) sebagai persiapan untuk kembalinya sampel asteroidnya ke Bumi pada tanggal 24 September. Wahana tersebut saat ini berjarak sekitar 1,8 juta mil (2,8 juta kilometer) jauhnya, dan melaju menuju Bumi dengan kecepatan 14.000 mil per jam (kira-kira 23.000 kilometer per jam).

Ketika mencapai sekitar 63.000 mil (102.000 kilometer) di atas Bumi pada hari Minggu (24 September), ia akan mengirimkan kapsul berisi sampel dari asteroid Bennu ke area target berukuran 36 mil kali 8,5 mil di gurun Utah, tempat tim akan… NASA dan Angkatan Darat AS bersiaga untuk memulihkannya.

Terkait: Wahana asteroid OSIRIS-REx melakukan manuver terakhir sebelum mengirimkan sampel pada 24 September

Berapa banyak material asteroid di OSIRIS-REx?

Kapsul pendaratan OSIRIS-REx seharusnya mendarat di Bumi pada Minggu (24 September), dengan parasut di gurun Utah.

Di dalamnya terdapat sampel yang sangat berharga: Pesawat ruang angkasa tersebut mengambil material dari asteroid dekat Bumi selebar 1.650 kaki (500 meter) bernama Bennu pada Oktober 2020, yang kemungkinan berisi informasi tentang sejarah tata surya. Tapi berapa banyak materi yang ada?

Baca selengkapnya: Berapa banyak material asteroid yang akan dikirimkan wahana OSIRIS-REx NASA ke Bumi akhir pekan ini?

Begini cara asteroid Bennu mengejutkan penjelajah OSIRIS-REx NASA

Pendaratan pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx di asteroid Bennu menimbulkan tumpukan puing yang sangat besar. (Kredit gambar: Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA/Lab CI/Jonathan North)

Ketika wahana OSIRIS-REx NASA tiba di asteroid Bennu pada tahun 2018, hal itu tidak seperti yang dibayangkan oleh para perencana misi.

READ  Seorang konsultan NASA mengundurkan diri setelah permintaan untuk mengubah nama Teleskop James Webb ditolak

“Saya benar-benar mengira kita mungkin mendapat masalah di sana,” Dante Lauretta, kepala ilmuwan misi tersebut, mengatakan kepada Space.com. Karena permukaan asteroid terlihat sangat berbeda dari perkiraan tim OSIRIS-REx, pesawat ruang angkasa tersebut harus diprogram ulang agar dapat mendarat di permukaan Bennu yang lepas dan berbahaya.

Namun Bennu masih memiliki lebih banyak kejutan untuk pesawat luar angkasa tersebut ketika mendarat untuk mengambil sampel. Baca tentang bagaimana asteroid Bennu mengejutkan pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx NASA dan hampir membunuhnya dalam artikel kami di sini sambil menghitung mundur hingga pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx menjatuhkan muatan ini ke Bumi pada hari Minggu, 24 September.

Terkait: Bagaimana asteroid Bennu mengejutkan pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx milik NASA dan hampir membunuhnya di tengah perjalanan

OSIRIS-REx satu minggu setelah sampel asteroid kembali

Diagram NASA ini menunjukkan bagaimana kapsul OSIRIS-REx akan kembali ke Bumi pada 24 September dalam waktu 4 jam. (Kredit gambar: NASA)

NASA hanya tinggal satu minggu lagi dari pendaratan epik kapsul pengembalian sampel asteroid OSIRIS-REx, yang berisi potongan-potongan asteroid Bennu. Pendaratan tersebut, yang dijadwalkan pada 24 September 2023, akan menandai berakhirnya misi utama 7 tahun OSIRIS-REx yang dimulai dengan peluncuran pada tahun 2016 dan pengumpulan sampel di Bennu pada bulan Oktober 2020.

Para ilmuwan bersemangat, namun juga gugup, saat mereka mempersiapkan kembalinya OSIRIS-REx ke Bumi. Pesawat ruang angkasa itu akan menabrak atmosfer bumi, dilindungi oleh perisai panas, dan mencapai kecepatan 47.000 mph sebelum mengerahkan wahana utama dan parasut untuk memperlambat dirinya ke kecepatan yang lebih terkendali yaitu 10 mph.

Saat NASA bersiap untuk pendaratan OSIRIS-REx, lihat liputan terbaru kami di bawah ini dan nantikan pembaruan harian menjelang pendaratan itu sendiri!

READ  Dua mineral - belum pernah terlihat sebelumnya di Bumi - ditemukan di meteorit besar

Wahana asteroid OSIRIS-REx sedang menuju Bumi untuk mengirimkan sampel pada 24 September
Pesawat luar angkasa OSIRIS-REx milik NASA bersiap menuju Bumi dengan menembakkan pendorongnya pada 10 September, dua minggu sebelum mengirimkan sampel asteroid yang sangat dinantikan.

Misi OSIRIS-REx NASA hampir terhenti, kemudian gitaris Queen Brian May turun tangan
Keberhasilan utama misi ini sebagian disebabkan oleh gitaris Queen, Brian May, yang dengan cermat membuat gambar 3D dari tumpukan puing untuk membantu para pemimpin misi menentukan tempat pendaratan yang aman.

NASA sedang melakukan uji jatuh penting sebelum sampel asteroid OSIRIS-REx tiba pada 24 September
Tim OSIRIS-REx melakukan uji jatuh penting pada hari Rabu (30 Agustus), mempraktikkan apa yang akan mereka lakukan ketika sampel asteroid asli dari misi tersebut kembali ke Bumi pada tanggal 24 September.

OSIRIS-REx Science Chief Ungkap Misi Pengambilan Sampel Asteroid Pertama NASA Hampir Tidak Berhasil (Wawancara Eksklusif)
Dante Lauretta, kepala ilmuwan misi OSIRIS-REx NASA, berbicara tentang tantangan tak terduga dari upaya pertama NASA untuk mengambil sampel asteroid dalam sebuah wawancara eksklusif.