Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sejauh mana kecerdasan buatan dapat membantu dalam memprediksi gempa bumi?  Inilah yang dikatakan para ilmuwan

Sejauh mana kecerdasan buatan dapat membantu dalam memprediksi gempa bumi? Inilah yang dikatakan para ilmuwan

Kehancuran besar-besaran yang terjadi setelah gempa bumi besar bukanlah rahasia lagi bagi siapa pun. Dunia menyaksikan monumen-monumen besar hancur menjadi puing-puing di Turki setelah gempa bumi besar melanda negara tersebut. Namun, penggunaan kecerdasan buatan dapat membuat perbedaan dalam memprediksi gempa bumi sebelum terjadi, kata para ilmuwan.

Sebuah alat berbasis kecerdasan buatan baru-baru ini memiliki akurasi 70% dalam memprediksi gempa bumi seminggu sebelum gempa terjadi selama uji coba selama tujuh bulan di Tiongkok, para ilmuwan melaporkan.

Hasil percobaan kecerdasan buatan dalam prediksi gempa adalah ramalan mingguan dimana kecerdasan buatan berhasil memprediksi 14 gempa bumi sekitar 200 mil atau 320 kilometer dari tempat perkiraan terjadinya dan dengan besaran yang dihitung kurang lebih sama, menurut peneliti. di Universitas. Texas (UT) mengatakan di Austin, Amerika Serikat.

Namun, alat AI melewatkan satu gempa dan memberikan delapan peringatan palsu. AI dilatih untuk mendeteksi penyimpangan statistik dalam data seismik real-time yang dihubungkan oleh para peneliti dengan gempa bumi sebelumnya, kata mereka, seraya menambahkan bahwa metode ini mengikuti pendekatan pembelajaran mesin yang sederhana. Studi mereka dipublikasikan di jurnal Bulletin of the Seismological Society of America.

(Dengan masukan dari PTI)

“Berita menggembirakan! Mint sekarang ada di saluran WhatsApp 🚀 Berlanggananlah hari ini dengan mengeklik tautannya dan ikuti terus ide-ide keuangan terkini!” klik disini!

READ  Mengapa Teluk penting bagi orang India?