Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Senator veteran AS Dianne Feinstein meninggal dunia pada usia 90 tahun

Senator veteran AS Dianne Feinstein meninggal dunia pada usia 90 tahun

Senator veteran Dianne Feinstein meninggal dunia pada usia 90 tahun, ABC7 News melaporkan, mengutip konfirmasi dari kantornya pada hari Jumat.

Setelah kematiannya, James Soules, kepala staf Senator Feinstein, mengeluarkan pernyataan yang mengatakan: “Sedihnya, Senator Feinstein meninggal tadi malam di rumahnya di Washington, D.C. Kepergiannya merupakan kehilangan besar bagi banyak orang, termasuk mereka.” Dia mencintai dan peduli terhadap masyarakat California yang dia dedikasikan dalam hidupnya untuk melayani,” lapor ABC7 News.

Pada tahun 1960, Feinstein pertama kali terjun ke dunia politik sebagai gubernur saat itu. Pat Brown memilihnya untuk bertugas di Dewan Pembebasan Bersyarat Wanita California.

Namun, Feinstein tidak memegang jabatan publik sampai ia berusia 35 tahun dan terpilih menjadi Dewan Pengawas San Francisco. Feinstein tidak berhasil berkampanye sebagai walikota dua kali pada tahun 1970-an saat menjabat sebagai ketua Dewan Pengawas perempuan pertama. Ketika bencana melanda kota itu, dia sudah memutuskan tidak akan mencalonkan diri lagi, menurut ABC7 News.

Feinstein diangkat setelah pembunuhan tragis Walikota San Francisco George Moscone oleh Supervisor Dan White pada tahun 1978. Feinstein pertama kali terpilih sebagai walikota pada tahun 1979 dan segera mulai mengubah kota.

Dia dilahirkan Diane Goldman pada tanggal 22 Juni 1933, di San Francisco, dan dibesarkan oleh ibu Ortodoks Rusia dan ayah Yahudi.

Feinstein menyelesaikan pendidikannya di Universitas Stanford, di mana ia memperoleh gelarnya pada tahun 1955. Ia kemudian menikah tiga kali.

Dia selamat dari upaya penarikan kembali selama 10 tahun masa jabatannya, yang sebagian besar dimotivasi oleh penentang rencananya untuk melarang senjata api di San Francisco. Dia bertanggung jawab untuk mengubah cakrawala kota, yang oleh beberapa orang dikritik sebagai “Manhattan” San Francisco, menurut laporan ABC7 News.

READ  Bakri Idul Fitri 2021: tanggal dan waktu | Kapan Idul Adha di India? 5 resep lebaran yang wajib kamu coba

Feinstein diangkat setelah pembunuhan tragis Walikota San Francisco George Moscone oleh Supervisor Dan White pada tahun 1978. Feinstein pertama kali terpilih sebagai walikota pada tahun 1979 dan segera mulai mengubah kota.

Di Kongres, Feinstein menjabat sebagai wanita pertama yang memimpin Komite Aturan Senat dan Komite Intelijen Senat. Dia adalah penulis utama Undang-Undang Larangan Senjata Penyerang federal tahun 1994, yang memberlakukan larangan sepuluh tahun terhadap senjata semi-otomatis tertentu.

Kekhawatiran tentang kesehatan mental Feinstein dan kemampuannya untuk memegang jabatan diungkapkan selama tahun-tahun terakhirnya menjabat. Dia adalah anggota Kongres yang paling lama menjabat.

Pada usia 89 tahun, dia dirawat di rumah sakit karena herpes zoster pada akhir Februari 2023. Masalah kesehatan terjadi pada bulan yang sama ketika Feinstein mengungkapkan bahwa dia akan meninggalkan Senat AS setelah masa jabatannya saat ini berakhir pada tahun 2024. Dia mengatakan kepada media bahwa saat itu telah berlalu, sudah waktunya.

“Berita menggembirakan! Mint sekarang ada di saluran WhatsApp 🚀 Berlanggananlah hari ini dengan mengeklik tautannya dan ikuti terus ide-ide keuangan terkini!” klik disini!