Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Seorang dokter asal India dihukum karena melakukan pelecehan seksual terhadap pasiennya di Inggris

Seorang dokter asal India dihukum karena melakukan pelecehan seksual terhadap pasiennya di Inggris

Mohan Babu, seorang dokter keluarga berusia 47 tahun asal India di Inggris tenggara, dihukum karena melakukan pelecehan seksual terhadap tiga wanita yang berada di bawah perawatannya. Salah satu korbannya sedang berjuang melawan kanker.

Babu, mantan dokter umum di Staunton Surgery di Havant, Hampshire, dinyatakan bersalah atas empat tuduhan pelecehan seksual setelah persidangan baru-baru ini di Pengadilan Portsmouth Crown.

Babu, yang bekerja bersama istrinya, yang juga seorang dokter umum di klinik yang sama, dibebaskan dengan jaminan bersyarat menunggu hukuman pada 12 April, menurut portal berita digital The News.

Pengadilan mengungkap bahwa pelecehan seksual tersebut terjadi antara September 2019 dan Juli 2021, dengan korban termuda adalah seorang wanita berusia 19 tahun. Serangan itu terjadi di dalam gedung Rumah Sakit Staunton, tempat Babu bekerja.

Selama persidangan, terungkap bahwa beberapa keluhan telah diajukan terhadap Babu terkait perilakunya, termasuk sentuhan yang tidak pantas dan melontarkan komentar “menyeramkan” kepada pasien.

Sementara lima perempuan lainnya, termasuk seorang resepsionis di klinik tersebut, mengeluhkan perilakunya, tidak ada tindakan kriminal yang diambil atas keluhan mereka.

Jaksa Miranda Moore menggambarkan bagaimana Babu menargetkan perempuan “rentan” setelah mengikuti operasi sebagai dokter setempat pada bulan April 2018.

Keluhan pertama atas tindakan Babu terjadi pada Agustus 2019, sekitar 16 bulan setelah ia bergabung atas rekomendasi istrinya. Kemudian keluhan lain datang tak lama kemudian.

Babu telah diperingatkan beberapa kali tentang perilakunya sebelum kejadian ini.

Moore menjelaskan bagaimana Babu menyalahgunakan posisinya dengan melakukan tes yang tidak diperlukan, mengatakan hal-hal yang tidak pantas, dan bahkan merugikan pasien.

Seorang pasien, yang menderita kanker pankreas stadium akhir, mengatakan Babu berperilaku buruk selama percakapan mereka dari Mei hingga Agustus 2019.

READ  Air India dan Vistara menghindari wilayah udara Iran di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah | Berita India Terbaru

Setelah orang-orang mengeluh, Babu berhenti bekerja di Rumah Sakit Staunton pada Juli 2021. Meski mengatakan dia tidak melakukan kesalahan apa pun, dia dinyatakan bersalah atas empat tuduhan penyerangan seksual terhadap tiga wanita. Namun dia tidak dihukum atas tiga dakwaan lain yang melibatkan dua wanita lainnya.

Diterbitkan oleh:

Girish Kumar Anshul

Diterbitkan di:

15 Februari 2024