Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Setidaknya tiga petugas polisi tewas di Pakistan dalam bentrokan dengan kelompok Islam | pakistan

Menteri Dalam Negeri Pakistan mengatakan sedikitnya tiga polisi Pakistan tewas dan 70 lainnya luka-luka ketika para pendukung partai Islam terlarang melepaskan tembakan ke sebuah rapat umum di dekat Lahore, Rabu.

Partai Tehrik Labbaik Pakistan yang dilarang berada di balik protes besar anti-Prancis yang awal tahun ini menyebabkan kedutaan mengeluarkan peringatan kepada semua warga negara Prancis untuk meninggalkan negara itu.

Kelompok itu memprotes penangkapan pemimpinnya, Saad Razavi, yang ditangkap pada April setelah partai itu dilarang, dan menuntut pengusiran duta besar Prancis.

“Mereka menembaki polisi dengan senapan Kalashnikov … Tiga polisi menjadi martir,” kata Menteri Dalam Negeri Sheikh Rashid Ahmed pada konferensi pers, menambahkan bahwa delapan dari yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Kepala Polisi Punjab Rao Sardar Ali Khan mengatakan dalam konferensi pers terpisah bahwa empat petugas tewas pada hari Rabu.

TLP pada gilirannya menuduh polisi menembak ke arah kerumunan dan mengatakan empat pendukungnya tewas.

Polisi di negara bagian Punjab, di mana Lahore adalah ibu kotanya, telah membantah menggunakan senjata api atau peluru karet, dan belum mengomentari tuduhan bahwa pengunjuk rasa telah tewas.

Seorang juru bicara polisi mengatakan: “Kami tidak menggunakan senjata seperti itu untuk melawan mereka.”

Demonstrasi terbaru dimulai pada hari Jumat di Lahore, benteng kelompok itu, ketika ribuan orang berbaris ke utara menuju ibu kota, Islamabad.

Bentrokan antara kedua belah pihak di Lahore pada hari Jumat menewaskan dua petugas polisi, sementara pada hari Sabtu TLP melaporkan kematian lima pendukungnya.

Pada hari Rabu, Menteri Penerangan Fouad Chaudhry mengatakan Perdana Menteri, Imran Khan, dan dinas keamanan telah setuju untuk memperlakukan Partai Pembebasan Rakyat sebagai kelompok bersenjata.

READ  Imran Khan: Pakistan memulai dialog dengan Taliban setelah KTT Organisasi Kerjasama Shanghai | berita Dunia

Polisi menutup jalan utama dan persimpangan ke Islamabad, yang berjarak sekitar 180 mil dari lokasi protes saat ini.

Pemerintah telah mengumumkan awal pekan ini terobosan dalam pembicaraan dengan TLP, tetapi rapat umum dilanjutkan pada hari Rabu.

Seorang juru bicara TLP mengatakan: “Kami telah melakukan segala yang kami bisa untuk membuat pembicaraan sukses tetapi pemerintah tidak serius memenuhi komitmennya.” “Pengusiran duta besar Prancis adalah tuntutan utama kami.”

Rizvi ditangkap pada April ketika pemerintah Pakistan melarang partai itu sebagai tanggapan atas protes anti-Prancis yang keras.

Partai TLP telah melancarkan kampanye anti-Prancis sejak Presiden Prancis Emmanuel Macron membela hak majalah satir untuk menerbitkan kembali karikatur Nabi Muhammad – sebuah tindakan yang dianggap banyak Muslim sebagai penistaan.

Enam petugas polisi tewas dalam protes di Islamabad dan kota tetangga Rawalpindi.

Beberapa isu yang menjadi heboh di Pakistan seperti penistaan, dan bahkan sedikit saja penghinaan terhadap Islam dapat memicu protes, menghasut eksekusi di luar proses hukum dan menyatukan sebagian besar partai politik yang bertikai di negara itu.