Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sisi dekat dan jauh bulan sangat berbeda. Sebuah studi baru menjelaskan misteri tersebut

Sisi dekat yang begitu kita kenal tampak lebih gelap di beberapa tempat — hasil dari aliran lava purba yang luas, yang disebut lunar mare — sedangkan sisi jauh ditutupi bekas bopeng dan kawah, tetapi tidak ada kuda betina.

Mengapa kedua sisi bulan sangat berbeda telah lama membingungkan para ilmuwan luar angkasa. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan minggu lalu di jurnal Science Advances telah menemukan penjelasan baru untuk misteri bulan ini.

Para peneliti menemukan bahwa dampak yang membentuk cekungan akan menciptakan gumpalan panas besar yang menyebarkan interior bulan, menurut pernyataan itu. Gumpalan itu akan membawa bahan-bahan tertentu ke dekat bulan, memicu vulkanisme yang menciptakan dataran vulkanik.

“Kami tahu bahwa dampak besar seperti yang membentuk SPA akan menciptakan banyak panas,” kata Matt Jones, kandidat doktor di Brown University dan penulis utama studi tersebut, dalam rilis berita.

“Pertanyaannya adalah bagaimana panas itu mempengaruhi dinamika interior Bulan. Apa yang kami tunjukkan adalah bahwa dalam kondisi yang masuk akal pada saat SPA terbentuk, ia akhirnya memusatkan elemen-elemen penghasil panas ini di bagian dekat.

“Kami berharap ini berkontribusi pada pencairan mantel yang menghasilkan aliran lava yang kita lihat di permukaan.”

Dataran vulkanik di sisi dekat bulan adalah rumah bagi sekelompok unsur termasuk kalium, unsur tanah jarang, fosfor antara lain — dikenal sebagai Procellarum KREEP terrane (PKT) yang langka di tempat lain di bulan.

Para peneliti melakukan simulasi komputer tentang bagaimana panas yang dihasilkan oleh tumbukan raksasa akan mengubah pola perpindahan panas di bagian dalam Bulan, dan bagaimana hal itu dapat mendistribusikan kembali materi KREEP di mantel bulan.

Menurut model mereka, bahan KREEP akan menunggangi gelombang panas yang berasal dari zona tumbukan “seperti seorang peselancar” baik tumbukan itu mengenai langsung atau hanya menyerempet bulan. Saat gumpalan panas menyebar di bawah kerak bulan, material itu akhirnya dikirim ke dekat.

READ  Flu burung ditemukan di 2 peternakan unggas lagi di Lancaster County, Pennsylvania

“Bagaimana PKT terbentuk bisa dibilang merupakan pertanyaan terbuka paling signifikan dalam ilmu bulan,” kata Jones dalam rilis berita.

“Dan dampak Kutub Selatan-Aitken adalah salah satu peristiwa paling signifikan dalam sejarah bulan. Pekerjaan ini menyatukan dua hal itu, dan saya pikir hasil kami sangat menarik.”