Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Memiliki rasa tujuan dalam hidup dapat memangkas risiko mengembangkan demensia, studi menunjukkan

Memiliki rasa tujuan dalam hidup dapat memangkas risiko mengembangkan demensia, studi menunjukkan

  • Merasakan tujuan dapat menurunkan risiko terkena demensia, studi menunjukkan
  • Itu terkait dengan 19% penurunan tingkat gangguan kognitif yang signifikan secara klinis
  • Orang dengan tujuan yang lebih tinggi juga lebih mungkin untuk terlibat dalam olahraga

Merasakan tujuan atau makna dalam hidup dapat menurunkan risiko terkena demensia, sebuah penelitian menunjukkan.

Para peneliti meninjau bukti dari delapan makalah yang diterbitkan sebelumnya yang mencakup data dari 62.250 orang dewasa yang lebih tua di tiga benua.

Mereka menemukan bahwa tujuan atau makna hidup yang lebih tinggi ‘berhubungan secara signifikan’ dengan penurunan risiko demensia dan gangguan kognitif. Khususnya, memiliki rasa tujuan dikaitkan dengan 19 persen penurunan tingkat gangguan kognitif yang signifikan secara klinis.

Ini berarti mereka hampir seperlima lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penurunan memori, bahasa dan kemampuan berpikir.

Para peneliti menemukan tujuan atau makna hidup yang lebih tinggi ‘berhubungan secara signifikan’ dengan penurunan risiko demensia dan gangguan kognitif. Khususnya, memiliki rasa tujuan dikaitkan dengan 19 persen penurunan tingkat gangguan kognitif yang signifikan secara klinis (file image)

Tingkat gangguan kognitif ini tidak seserius demensia tetapi meningkatkan risiko kondisi tersebut.

Bukti sebelumnya menunjukkan bahwa merasakan tujuan dalam hidup mungkin bermanfaat untuk pulih dari stres dan dikaitkan dengan pengurangan peradangan di otak – keduanya mungkin terkait dengan penurunan risiko demensia.

Orang dengan tujuan yang lebih tinggi juga mungkin lebih mungkin untuk terlibat dalam kegiatan seperti olahraga dan melibatkan diri secara sosial, yang dapat melindungi terhadap risiko demensia.

READ  42 gen yang sebelumnya tidak diketahui ditemukan untuk penyakit Alzheimer

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Aging Research Review, juga menunjukkan bahwa suasana hati yang positif tampaknya tidak berpengaruh pada risiko demensia.

Orang dengan tujuan yang lebih tinggi juga mungkin lebih mungkin untuk terlibat dalam kegiatan seperti olahraga dan melibatkan diri secara sosial, yang dapat melindungi terhadap risiko demensia (file image)

Orang dengan tujuan yang lebih tinggi juga mungkin lebih mungkin untuk terlibat dalam kegiatan seperti olahraga dan melibatkan diri secara sosial, yang dapat melindungi terhadap risiko demensia (file image)

Penulis utama Dr Joshua Stott, dari University College London, mengatakan: ‘Program pencegahan demensia untuk kelompok berisiko yang berfokus pada kesejahteraan dapat bermanfaat dengan memprioritaskan kegiatan yang membawa tujuan dan makna bagi kehidupan masyarakat, daripada hanya kegiatan hedonistik yang dapat meningkatkan suasana hati yang positif. negara bagian.

‘Misalnya, jika lingkungan hidup penting bagi seseorang, mereka mungkin mendapat manfaat dari membantu di kebun komunitas.’

Penulis pertama dan mahasiswa PhD Georgia Bell mengatakan: ‘Kami telah menemukan bahwa tujuan dapat mengurangi risiko demensia, menambah bukti lain yang menghubungkan hidup yang bermakna dengan peningkatan kesehatan mental dan risiko kecacatan dan penyakit jantung berkurang.’

Iklan