Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

SpaceX untuk mendobrak batas pamungkas dalam penggunaan kembali dengan peluncuran Pertahanan Nasional

Perbesar / GPS III SV-05 dikemas dalam muatan Falcon 9 yang disederhanakan.

Lockheed Martin

Beberapa tahun yang lalu, salah satu karyawan pertama SpaceX, Hans Koenigsmann, memberi tahu saya bahwa salah satu tujuan perusahaan adalah mengeluarkan “keajaiban” dari peluncuran roketnya. Dia menjelaskan itu hanya fisika.

Karena roket Falcon 9 menjadi lebih andal dan diluncurkan lebih sering — 18 peluncuran sejauh ini tahun ini, dan mereka masih berlangsung — SpaceX tampaknya telah menarik keajaiban dari peluncurannya. Dan sementara keandalan tentu harus menjadi tujuannya, keteraturan seperti itu mengalihkan perhatian dari melihat peluncuran rudal.

Tetapi masih ada beberapa misi khusus Falcon 9, dan itu pasti terjadi dengan peluncuran yang diharapkan pada 12:09 ET (16:09 UTC) Kamis dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida. Dengan peluncuran pesawat ruang angkasa GPS III generasi berikutnya, SpaceX akan meluncurkan misi keamanan nasional untuk pertama kalinya dengan booster yang digunakan kembali.

Tahun lalu, SpaceX dan SpaceX setuju untuk melakukan kontrak modifikasi yang akan memungkinkan peluncuran misi GPS III (Space Vehicle-05) dan lainnya (SV-06) pada roket tahap pertama Falcon 9 yang digunakan kembali. Angkatan Luar Angkasa telah setuju untuk mengizinkan peluncuran satelit GPS III ke perigee orbital yang berbeda, memungkinkan upaya untuk memulihkan kapal tak berawak. Tahap pertama yang dijadwalkan akan diluncurkan pada Kamis sebelumnya telah menerbangkan sistem GPS III SV-04 pada November lalu. Sebagai imbalan untuk perumahan ini, SpaceX menyetujui beberapa persyaratan pesawat ruang angkasa tambahan untuk misi masa depan dan memberikan $ 52 juta kepada pemerintah AS.

Ini merupakan sinyal penting dari militer bahwa mereka bersedia untuk menggunakan roket yang dapat digunakan kembali dalam misi yang paling penting dan menandai berakhirnya SpaceX karena berusaha untuk mendorong penggunaan kembali tahap awal Falcon 9. NASA telah meluncurkan misinya yang paling berharga, astronot, pada tahap pertama digunakan kembali dengan Perjalanan Kru 2 di bulan April.

READ  SpaceX akan meluncurkan seri satelit Starlink berikutnya - Spaceflight Now

Misi GPS hari Kamis juga merupakan prioritas utama bagi Angkatan Luar Angkasa, karena berusaha memperbarui konstelasi navigasinya. Satelit pemosisian global generasi baru ini, yang diproduksi oleh Lockheed Martin, memiliki akurasi tiga kali lebih besar dan kemampuan anti-jamming delapan kali lebih tinggi daripada versi sebelumnya. Lima satelit GPS berikut, Kendaraan 06 hingga 10, berada dalam berbagai status kesiapan untuk diluncurkan. Lockheed Martin telah dikontrak untuk membangun hingga 22 kendaraan tambahan.

Cuaca di jendela peluncuran 15 menit hari Kamis terlihat masuk akal, dengan kemungkinan hanya 30 persen dari kondisi yang tidak menguntungkan. Namun, angin tingkat atas mungkin menjadi perhatian. Webcast SpaceX yang disematkan di bawah harus dimulai 15 menit sebelum jendela peluncuran terbuka.

Peluncuran misi GPS III SV-05.