Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Struktur poligonal aneh ditemukan terkubur di bawah permukaan Mars

Struktur poligonal aneh ditemukan terkubur di bawah permukaan Mars

Sebuah struktur poligonal yang aneh telah ditemukan di bawah permukaan Mars, memberikan para ahli wawasan baru mengenai pembentukan planet tersebut.

Kemajuan teknologi telah memungkinkan para ilmuwan mengungkap penemuan menakjubkan tentang alam semesta kita, seperti tangki air raksasa yang mengambang di luar angkasa dan planet yang “kelebihan berat badan” yang “seharusnya tidak ada”.

Penemuan baru di permukaan Mars berasal dari penjelajah Zhurong Tiongkok, yang merupakan misi Tiongkok pertama yang mendarat di Planet Merah.

Zhurong sedang menjelajahi Utopia Planitia – salah satu cekungan dampak terbesar di Mars – dan telah memberikan wawasan baru berkat teknologi baru yang telah berkembang sejak terakhir kali dieksplorasi oleh Viking 2 pada tahun 1976.

Di bawah permukaan, penjelajah Tiongkok menemukan 16 struktur poligonal terkubur, yang diyakini para ahli terbentuk sebagai hasil dari siklus beku-mencair yang menciptakan retakan pada medan saat berada di permukaan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Astronomi alamTerungkap bahwa radar pada penjelajah Zhurong menemukan struktur poligonal di kedalaman 35 meter dan melihat bentuknya secara horizontal, sepanjang 1,9 kilometer, untuk pertama kalinya.

Bukti sebelumnya mengungkapkan bahwa banjir terjadi di cekungan tersebut sekitar 3 miliar tahun yang lalu, dan bahwa struktur tersebut terbentuk oleh sedimen dan proses termal lainnya.

Tidak ada bukti bahwa struktur tersebut dibentuk oleh lava, seperti beberapa struktur poligonal yang terlihat di Bumi, seperti Giant's Causeway di Irlandia Utara.

Studi tersebut membantu memastikan bahwa atmosfer Mars awal beragam, sehingga menciptakan proses pembekuan dan pencairan. Para ahli menduga Mars pernah memiliki kemiringan sumbu yang lebih tinggi dibandingkan sekarang, yang berarti musim di sana mungkin sangat berbeda.

READ  Mekanisme tersembunyi penciptaan gen

“Medan poligonal terjadi di garis lintang rendah (∼25°LU), yang ditafsirkan kemungkinan terbentuk oleh retakan kontraksi termal, sehingga menjadi alasan kuat untuk kemiringan awal Mars yang tinggi,” jelas penulis penelitian.

“Struktur bawah permukaan dengan bahan penutup yang menutupi medan poligonal kuno yang terkubur menunjukkan bahwa ada pergeseran paleoklimatik yang nyata di beberapa titik setelahnya.”

Cara bergabung dengan saluran WhatsApp gratis indy100

berlangganan Ke buletin indy100 mingguan gratis

Bagikan pendapat Anda di berita demokrasi kami. Klik ikon upvote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan peringkat artikel ini di indy100.