Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tekanan meningkat pada Rishi Sunak saat sinetron Westminster berlanjut

Tekanan meningkat pada Rishi Sunak saat sinetron Westminster berlanjut

Tim Rishi Sunak menegaskan sudah waktunya untuk beralih dari seri Westminster.

Rishi Sunak adalah seorang yang optimis dalam hidup. Tetapi psikodrama Boris Johnson dan kenaikan suku bunga telah membawa kesuraman yang nyata pada operasi Downing Street minggu ini, menurut orang-orang yang dekat dengan perdana menteri Inggris.

Perdana menteri konservatif meniru Warren Buffett dan mencoba untuk tetap tenang dengan mengawasi pergerakan pasar harian sambil mencari keuntungan jangka panjang. Itu tidak mungkin minggu lalu, menurut anggota pemerintah yang berbicara kepada Bloomberg dengan syarat anonimitas.

Itu karena laporan yang memberatkan yang menemukan mantan perdana menteri Tory Johnson dengan sengaja dan berulang kali menyesatkan Parlemen tentang skandal ‘pesta gerbang’, dengan latar belakang gejolak di pasar hipotek Inggris karena penyedia membatalkan kesepakatan yang ada untuk mengantisipasi kenaikan suku bunga – yang berarti lebih banyak rasa sakit bagi pemilik rumah.

Beberapa konservatif senior khawatir bahwa peristiwa dalam beberapa hari terakhir telah menutup jalan sempit mereka menuju kemenangan dalam pemilihan umum berikutnya, yang dijadwalkan pada akhir Januari 2025. Secara politik dan ekonomi, nasib Sunak sedang menuju ke arah yang salah dan semakin sulit. Lihat bagaimana dia bisa lolos dari skenario terburuk di masing-masing, kata salah satu menteri kabinet.

Tim Sunak bersikeras sudah waktunya untuk beralih dari seri Westminster, yang melihat Johnson mengundurkan diri dari Parlemen sebelum laporan tentang perilakunya keluar dan mengkritik komite mayoritas Tory yang menulisnya.

Tetapi dengan House of Commons memberikan suara pada hukumannya pada hari Senin, sidang pertama tentang Covid pada hari Selasa dan Bank of England ingin melanjutkan kenaikan suku bunga ke-13 berturut-turut pada hari Kamis, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

READ  Serangan Israel membunuh 44 warga Palestina di Rafah, dan Netanyahu memperingatkan akan adanya invasi berita Dunia

Seorang perencana partai mengatakan Tories tidak dapat mengikuti saran dari ketua analis pemilihan, Isaac Levidoux, untuk menghindari gangguan dan fokus pada pemerintahan. Mereka mengatakan pemerintah telah memenangkan narasi media hanya dalam delapan dari 24 minggu terakhir, menunjukkan surplus tontonan dari pengunduran diri Wakil Perdana Menteri Dominic Raab setelah terungkap bahwa dia telah menyalahgunakan kekuasaannya pada pemogokan sektor publik dan berkinerja buruk di bidang kebijakan utama. , mereka selesai.

Seorang pejabat mengatakan bahwa menyampaikan pesan positif kepada pemilih menjadi tidak mungkin karena Tories kecanduan kekacauan.

Pemungutan suara hari Senin atas laporan Johnson dan hukumannya kemungkinan besar akan mengungkap perpecahan Tory sekali lagi. Dalam upaya untuk menghindari memperburuk perang saudara dengan mantan perdana menteri, pemerintah memberikan izin kepada anggota parlemen Tory untuk abstain dari pemungutan suara untuk pergi. Pertanyaannya tetap tentang bagaimana Sunak sendiri memilih.

Hannah White, direktur Institute of Government, berkata: “Secara politis, dia berkepentingan untuk memiliki keputusan tegas atas Boris Johnson.” Dia mengatakan keseimbangannya adalah antara membuat marah para pendukung Johnson dan “menjalankan kekuatannya”.

Seorang pejabat partai mengatakan Buruh akan menggunakan pemungutan suara untuk mengatakan Sunnack lemah, takut pada Johnson dan tidak mau melindungi standar kehidupan publik. Jajak pendapat YouGov minggu ini menemukan bahwa hanya 20% pemilih yang menganggap Sunak memiliki kendali atas partainya, dan 74% menganggap Konservatif terbagi.

Seorang pembantu pemerintah mengatakan Downing Street akan mencoba mengatur ulang dalam beberapa minggu mendatang dengan serangkaian kebijakan baru dan potensi perombakan yang mempromosikan wajah-wajah muda. Yang lain mengatakan pemerintah berencana untuk meningkatkan iklan, termasuk melalui migrasi saluran, zona investasi, dan memindahkan pegawai negeri dari London.

READ  Omicron dapat menyebabkan sekitar 3 miliar infeksi dalam dua bulan ke depan: Laporkan

Tetapi reset akan sulit. Johnson memulai kolom baru di Daily Mail yang akan diawasi dengan ketat untuk kritik terhadap Sunak: kolom pertama, Jumat malam, menghindari serangan politik apa pun. Konservatif juga menghadapi pemilihan khusus pada 20 Juli, dan jajak pendapat nasional menunjukkan mereka kemungkinan akan kalah.

Anggota parlemen Konservatif lainnya, Nadine Dorries, belum menindaklanjuti rencananya untuk mengundurkan diri – yang akan memicu pemilihan khusus ketiga. Itu bisa berakhir pada musim gugur, sama seperti Konservatif melihat ke konferensi tahunan mereka untuk pembaruan lebih lanjut.

Sementara itu, anggota parlemen Tory di komite parlemen menentang Johnson – dan mereka yang mendukung laporan tersebut – menjadi sasaran organisasi Demokrat konservatif akar rumput sayap kanan.

“Partai sedang mencoba untuk pindah, tetapi Boris adalah orang yang sulit untuk pindah,” kata Robert Hayward, seorang rekan konservatif dan analis pemilu, kepada Bloomberg.

Masalahnya adalah perhatian kemudian dapat beralih ke ekonomi, yang menurut seorang menteri lebih mengkhawatirkan daripada mengecam Johnson.

Sunak sebelumnya berharap bahwa inflasi dan suku bunga yang lebih rendah akan berarti dia dapat memotong pajak pribadi dan bisnis dalam anggaran musim semi, menjelang pemilu tahun 2024 nanti.

Tetapi pasar mengharapkan suku bunga mencapai 5,7% pada awal 2024, dan ada kekhawatiran yang berkembang di Departemen Keuangan bahwa mereka dapat mencapai 6% pada bulan Februari, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Itu, kata mereka, akan meningkatkan kemungkinan resesi pada 2024, tepat saat Inggris bersiap untuk pergi ke tempat pemungutan suara.

Opsi utama terbatas. Tidak ada alternatif untuk menaikkan suku bunga untuk mengurangi inflasi, kata seorang pejabat pemerintah, menambahkan bahwa tidak akan ada langkah fiskal untuk mendukung pembayaran hipotek, karena hal itu akan menambah tekanan harga, dan keuangan publik sudah ketat.

READ  Studi: Asam lemak rantai menengah suatu hari nanti dapat membantu dalam mengobati serangan jantung | Kesehatan

Selain itu, masalah Sunak melampaui ekonomi mentah.

Salah satu dari lima janji utamanya kepada pemilih adalah mencegah pencari suaka menyeberangi Selat dengan perahu kecil. Hal lainnya adalah memotong daftar tunggu NHS. Tetapi dalam tujuh hari terakhir, lebih dari 1.500 orang telah tiba di Inggris dengan perahu dan para dokter melakukan pemogokan selama tiga hari.

Sampai baru-baru ini, ahli strategi Tory berpendapat bahwa pemilihan waktu harus bergantung pada ekonomi dan jajak pendapat. Angka buruk pada masing-masing dapat mendorong sejarah sejauh mungkin. Sekarang, aliran pemikiran baru muncul. Beberapa orang berpendapat bahwa peningkatan peluang resesi pada tahun 2024, bersama dengan ekspektasi inflasi yang lebih rendah sekitar akhir tahun ini, berarti jajak pendapat musim semi bisa menjadi hasil yang paling tidak buruk.

Namun, seorang konservatif mengatakan ini akan menjadi latihan untuk meminimalkan kekalahan daripada mencoba menang secara realistis.

(Kecuali untuk tajuk utama, cerita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari umpan sindikasi.)