Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Teleskop Luar Angkasa Webb NASA mengungkapkan pemandangan Hubble yang berkilauan dan tidak terlihat

Ketika Teleskop Luar Angkasa James Webb Diluncurkan akhir tahun lalu, para astronom memberinya tugas dalam jumlah tak terbatas. Saya katakan tak terbatas karena Tujuan akhir Keajaiban teknik ini bukan hanya jawaban untuk setiap pertanyaan yang kita miliki tentang alam semesta. Ini untuk menjawab pertanyaan yang tidak pernah terpikirkan oleh manusia untuk ditanyakan.

Namun sebelum Anda melompat ke tujuan akhir yang aneh itu, lensa baru kami yang keren adalah Bersombong dengan setia selama misi Kami telah memperkenalkan mereka, salah satunya adalah untuk menembus tabir gas dan debu kosmik dan mengungkapkan petualangan rahasia bintang-bintang di dalamnya. Hal-hal yang tidak selalu dapat dilihat oleh teleskop optik standar, seperti Hubble.

hei, pada hari selasa, JWST menerjemahkan adegan yang brilian Di balik salah satu tirai gelap di ruang angkasa, kanopi berdebu mengaburkan sepasang galaksi yang bergabung, sekitar 270 juta tahun cahaya dari Bumi.

JWST melihat sekilas pemandangan kosmik yang berkilauan.

ESA/Webb, NASA, CSA, L. Armus, A. Evans

Apa yang saya lihat?

Kami memiliki dua ilmuwan, yang disebut IC 1623 A dan B, terjebak dalam a kursus tabrakan melintasi ruang dan waktu. Terletak di konstelasi Cetus, dan telah lama menjadi perhatian para ilmuwan karena beberapa alasan.

Mungkin yang paling mengejutkan, mereka mungkin sedang dalam perjalanan untuk menciptakan lubang hitam supermasif – a kekosongan raksasa Dengan gaya gravitasi yang cukup untuk membengkokkan struktur alam semesta kita seperti yang kita kenal.

Tapi Cave of Emerging Destruction ini diperkirakan akan kecanduan liontin cahaya.

Intensitas tinggi penggabungan galaksi IC 1623 juga mendorong terciptanya wilayah pembentuk bintang yang anggun di dekatnya. Ini disebut ledakan bintang, dan tepatnya, menurut Badan Antariksa Eropa, menghasilkan bintang baru dengan kecepatan lebih dari 20 kali kecepatan Bima Sakti.

Dan ini adalah apa yang diambil JWST.

Hubble telah memberi kita pandangan pertama pada IC 1623 A dan B, tetapi dekade terakhir astronomi dengan ruang angkasa telah menembus tabir kosmik biner, seperti yang diharapkan para ilmuwan sejak awal. Dengan melakukan itu, ia menunjukkan kepada kita esensi bercahaya dari fusi ini dan menyajikan kepada umat manusia gambar IC 1623 yang lengkap dan menawan alih-alih gambar tersembunyi dengan area pusat yang tersisa untuk imajinasi kita.

Ini adalah pandangan Hubble tentang penggabungan galaksi IC 1623 A dan B. Mereka kurang bercahaya, karena wilayah pusat dunia ini dikaburkan oleh debu gelap.

ESA/Webb, NASA, CSA, L. Armus, A. Evans

Mengapa JWST bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan Hubble?

Dua kata: fotografi inframerah.

Semua cahaya yang dipancarkan dari luar angkasa dapat diklasifikasikan pada jenis grafik yang dikenal sebagai spektrum elektromagnetik. Panjang gelombang cahaya yang berbeda, yang juga diterjemahkan ke dalam warna yang berbeda di mata kita, hadir di bagian yang berbeda. Di satu sisi, Anda memiliki panjang gelombang merah, dan di sisi lain, panjang gelombang lebih biru.

Tetapi jika Anda melampaui sisi merah spektrum elektromagnetik, seperti yang telah dilakukan beberapa cahaya, Anda akan mencapai cahaya inframerah.

Cahaya inframerah, tidak seperti lampu merah biasa, pada dasarnya tidak terlihat oleh mata manusia. Ini berarti bahwa itu juga tidak terlihat oleh instrumen yang bertindak seperti mata manusia, bahkan jika itu adalah versi yang sangat kuat seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Tetapi cahaya inframerah adalah jenis cahaya yang dipancarkan oleh bintang-bintang di dalam awan debu kosmik yang paling tebal, seperti selubung yang mengelilingi IC 1623. Jadi untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam, kita membutuhkan teleskop untuk mendeteksi cahaya inframerah. Dan ini adalah JWST.

Diagram spektrum elektromagnetik, menunjukkan area yang dapat dilihat Hubble dan Webb.

Grafik ini menunjukkan spektrum energi elektromagnetik, khususnya menyoroti bagian-bagian yang terdeteksi oleh teleskop luar angkasa Hubble, Spitzer, dan Webb NASA. Spitzer sudah pensiun sekarang, dan teknologi tinggi tidak pernah seperti JWST.

NASA J. Olmsted [STScI]

Sebagai catatan, cahaya dari bintang dan fenomena lain yang sebenarnya sangat jauh dari Bumi mencapai planet kita sebagai cahaya inframerah juga. Itu sebabnya JWST dilengkapi untuk memberi kami informasi tentang jauh Alam semesta seperti itu mendekati awal waktu, informasi yang tidak terlihat oleh kita dan Teleskop Luar Angkasa Hubble. Lebih lanjut tentang itu di sini.

Kembali ke IC 1623, ESA menjelaskan bahwa “Sensitivitas Webb terhadap radiasi inframerah dan akurasinya yang luar biasa pada panjang gelombang tersebut memungkinkannya untuk melihat melampaui debu dan telah menghasilkan gambar indah di atas, yang merupakan kombinasi gambar MIRI dan NIRCam,” merujuk ke dua instrumen terkait JWST. Teknologi tinggi.

Telur Paskah lainnya di foto ini, seperti semua foto JWST, adalah paku difraksi bercabang delapan yang Anda lihat di tengah. (Tampaknya ada enam paku, tetapi ada dua paku kecil yang bergerak horizontal melintasi titik tengah. Sulit dilihat.) Semua gambar JWST memiliki tanda tangan ini, tidak seperti versi empat cabang Hubble.

stsci-01g52a88bezvk0040jwtsrq1hc.png

Berikut adalah diagram seperti apa paku difraksi JWST. Anda akan melihat ini di setiap foto JWST!

NASA, Badan Antariksa Eropa, Badan Antariksa Kanada, Leah Hostak (STScI), Joseph DePasquale (STScI)

Secara umum, paku ini sangat menonjol ketika ada banyak cahaya dalam sebuah gambar, yang menjelaskan mengapa gambar terbaru teleskop tentang inti galaksi muncul sebagai kepingan salju pusat yang terang.

Mudah-mudahan, lain kali JWST memfokuskan lensanya, dia akan berada di salah satu adegan itu dengan bukti dari sesuatu yang tidak pernah kami pikir akan kami tanyakan.

READ  Paus Pembunuh vs Hiu: Paus pembunuh memakan ikan putih yang luar biasa