Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Temukan tanda-tanda aktivitas geologis di Venus

oleh

Penelitian baru menunjukkan bahwa kerak Venus terbagi menjadi rumpun besar – daerah kemerahan dan ungu tua – yang dikelilingi oleh sabuk struktur tektonik yang digariskan dalam warna kuning cerah dan merah. Kredit: Universitas Negeri Carolina Utara, berdasarkan gambar asli NASA/JPL

Permukaan Venus retak dan bergerak seperti es yang mengapung di lautan – kemungkinan besar karena aktivitas tektonik.

Ide Besar

Sebagian besar kerak atas Venus yang rapuh terbelah menjadi potongan-potongan yang berebut dan bergerak—dan riak lambat mantel Venus di bawah permukaan mungkin bertanggung jawab. Rekan-rekan saya dan saya sampai pada kesimpulan ini menggunakan Data radar selama beberapa dekade Untuk mengeksplorasi bagaimana permukaan Venus berinteraksi dengan interior planet. setengah masuk Memublikasikan studi baru Dalam Prosiding National Academy of Sciences pada 21 Juni 2021.

Ilmuwan planet seperti saya Dulu Venus memiliki Sejumlah besar medan tektonik. Beberapa dari formasi ini adalah sabuk panjang dan tipis di mana kerak didorong bersama untuk membentuk gerinda atau robek untuk membentuk palung dan alur. Di banyak sabuk ini, ada bukti bahwa potongan-potongan kerak telah bergerak berdampingan juga.

Studi baru kami menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa pita-pita pegunungan dan palung ini sering kali menentukan batas-batas daerah datar dan palung yang dengan sendirinya menunjukkan deformasi yang relatif kecil dan merupakan massa individu kerak Venus yang telah bergerak, berotasi, dan tergelincir di masa lalu. . Seiring waktu – dan mereka mungkin melakukannya di masa lalu. Ini sedikit seperti Lempeng tektonik bumi Tetapi pada skala yang lebih kecil dan lebih mirip Paket es mengambang di atas lautan.

Potongan es mengambang di laut

Kerak Venus pecah menjadi potongan-potongan besar yang berperilaku lebih seperti bongkahan es yang mengambang di lautan. Kredit: Endlisnis/WikimediaCommons, CC BY

Para peneliti berhipotesis bahwa – Sama seperti mantel bumi Tutup Venus berputar dengan arus saat memanas dari bawah. Rekan-rekan saya dan saya merancang gerakan lambat tapi kuat dari mantel Venus dan menunjukkan bahwa itu cukup kuat untuk memecah kerak bagian atas di mana pun kami menemukan daratan rendah ini.

READ  Helikopter Kreativitas Mars NASA telah mendarat di penerbangan ke-10, harapan ganda

mengapa itu penting?

Pertanyaan utama tentang Venus adalah apakah planet ini memiliki gunung berapi aktif dan patahan tektonik saat ini. Ini pada dasarnya memiliki ukuran, komposisi, dan usia yang sama dengan Bumi – jadi mengapa secara geologis tidak hidup?

tepi es

Ketika potongan-potongan es bertabrakan, es didorong ke atas untuk menciptakan singkapan seperti yang diyakini para peneliti terjadi di Venus. Kredit: Ben Holt dan Susan Digby / Wikimedia Commons

Tetapi tidak ada misi ke Venus yang secara meyakinkan menunjukkan bahwa planet ini aktif. Ada bukti yang menggiurkan, tetapi pada akhirnya tidak meyakinkan, untuk ini Letusan gunung berapi telah terjadi di sana di masa lalu secara geologis – Ini mungkin masih berlangsung. Masalah aktivitas tektonik – derit, retak, dan pelipatan kerak planet – ada di tanah yang kurang padat.

Menunjukkan bahwa mesin geologi Venus masih beroperasi akan memiliki implikasi besar untuk memahami pembentukan mantel planet, di mana dan bagaimana gunung berapi dapat terjadi hari ini dan bagaimana kerak itu sendiri terbentuk, dihancurkan dan diganti. Karena penelitian kami menunjukkan bahwa beberapa bentrokan kerak ini baru terjadi secara geologis, kami mungkin telah mengambil langkah maju yang besar dalam memahami apakah Venus benar-benar aktif hari ini.

Massa Venus di dataran rendah

Massa dataran rendah terbesar yang ditemukan tim – bentuk merah gelap di tengah gambar radar ini – seukuran Alaska dan dikelilingi oleh tepi dan distorsi yang muncul dalam warna yang lebih terang. Kredit: Paul K. Byrne/NASA/USGS, CC BY-ND

Apa yang masih belum diketahui?

Tidak jelas seberapa umum fragmen kortikal ini. Rekan-rekan saya dan saya telah menemukan 58 sejauh ini, tetapi ini hampir pasti merupakan perkiraan yang rendah.

READ  Covid menginfeksi lebih banyak anak muda di Los Angeles; 83 persen di bawah 50 - batas waktu

Kita juga belum tahu kapan krustasea ini pertama kali terbentuk, atau berapa lama mereka bergerak di Venus. Menentukan kapan fragmentasi dan perebutan kerak terjadi adalah kuncinya—terutama jika para ilmuwan planet ingin memahami fenomena ini sehubungan dengan dugaan aktivitas vulkanik planet baru-baru ini. Menemukan ini akan memberi kita informasi penting tentang bagaimana fitur permukaan planet ini mencerminkan gangguan geologis di dalamnya.

Apa berikutnya

Studi pendahuluan ini memungkinkan rekan-rekan saya dan saya untuk membuat tebakan terbaik kami tentang bagaimana dataran rendah Venus yang luas terdeformasi, tetapi kami membutuhkan gambar radar resolusi tinggi dan data topografi untuk membangun pekerjaan ini. Untungnya, ini Persis apa yang akan didapat para ilmuwan Di tahun-tahun mendatang, NASA dan Badan Antariksa Eropa baru-baru ini mengumumkan misi baru menuju Venus akhir dekade ini. Patut ditunggu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tetangga misterius Bumi.

Ditulis oleh Paul K. Byrne, Associate Professor Ilmu Planet, North Carolina State University.

Awalnya Diposting di Percakapan.Percakapan

Untuk informasi lebih lanjut tentang penelitian ini, lihat Mengungkap rahasia geologis Venus melalui tektonik “bungkusan es”.

Referensi: “Litosfer yang Terfragmentasi dan Bergerak Secara Global di Venus” oleh Paul K. Prosiding National Academy of Sciences.
DOI: 10.1073/pnas.2025919118