Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tiongkok memasukkan Arunachal Pradesh dan Aksai Chin dalam peta barunya

Tiongkok memasukkan Arunachal Pradesh dan Aksai Chin dalam peta barunya

beijing,Diperbarui: 29 Agustus 2023 pukul 11:34 IST

Tiongkok pada hari Senin merilis “peta standar” versi 2023 yang mencakup Arunachal Pradesh, wilayah Aksai Chin, Taiwan, dan Laut Cina Selatan yang disengketakan.

India berulang kali mengatakan bahwa Arunachal Pradesh “selalu” dan akan selalu menjadi bagian integral dari negaranya.

“Peta standar Tiongkok versi 2023 secara resmi dirilis pada hari Senin dan diluncurkan di situs web layanan peta standar yang diselenggarakan oleh Kementerian Sumber Daya Alam,” kata Global Times milik pemerintah dalam sebuah postingan di X (sebelumnya Twitter).

“Peta ini disusun berdasarkan metode penggambaran perbatasan negara Tiongkok dan berbagai negara di dunia,” tulis postingan tersebut.

Peta tersebut, yang ditunjukkan oleh Global Times, menunjukkan Arunachal Pradesh, yang diklaim Tiongkok sebagai Tibet selatan, dan Aksai Chin, yang direbutnya dalam perang tahun 1962, sebagai bagian dari Tiongkok.

India telah berulang kali mengatakan kepada Tiongkok bahwa “Arunachal Pradesh telah dan akan selalu menjadi bagian integral dari India”.

Peta tersebut juga mencakup pulau Taiwan dan sebagian besar Laut Cina Selatan sebagai wilayah Tiongkok, yang keduanya diklaim oleh Tiongkok.

Tiongkok mengklaim Taiwan sebagai bagian dari daratannya, dan integrasinya dengan Tiongkok daratan adalah bagian dari tujuan yang dijanjikan oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei dan Taiwan mempunyai klaim balik atas Laut Cina Selatan.

Diterbitkan di:

29 Agustus 2023

READ  Ancaman Dari Negara Otokratis, Boris Johnson Menjelang Kunjungan India